12 May 2021, 04:18Kandungan

Apakah hubungan saat haid itu bisa hamil?

MP
Info Penanya: MP, Pria, 22 Tahun
Assalamualaikum.wr.wb Dok saya ingin bertanya Kmren istri saya haid selama 5 hari setelah itu berhenti haidx jam 2 siang dan darah sudah tidak keluar. Pas kemalamannya saya melakukan hubungan sekitaran jam 3 dini hari dan ejukasix di dlam setlah melakukan hubungan ternyata masih ada darah haid keluar lagi..lah apakah ituu masih menyebabkan kehamilan dok.....?
201 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, MPTerima kasih atas pertanyaannya.Hubungan intim saat haid dari segi medis tidak dilarang namun perlu diketahui adanya risiko yang dapat terjadi.

Risiko hubungan intim saat haid :

  • Kemungkinan kehamilan. Hal ini dapat terjadi karena cairan sperma dapat bertahan di rahim 5 hingga 7 hari lamanya.  Ketika pada periode ini wanita mengalami ovulasi atau pelepasan sel telur maka sperma yang tersimpan dapat membuahi sel telur dan berkembang menjadi janin.
  • Peradangan pada rahim dan penularan penyakit contohnya hepatitis, gonore, sifilis, herpes, ataupun kutil kelamin.
  • Meningkatkan risiko infeksi jamur karena saat haid pH vagina berubah, ketika masuk benda asing maka dapat meningkatkan pertumbuhan jamur di vagina.
Keluarnya darah dari vagina pasca berhubungan selain karena sisa darah haid yang belum selesai bisa juga karena flek kehamilan, efek samping KB, radang di vagina, serta penanda gangguan di rahim.  Pada pasangan suami istri tentu kabar kehamilan sedang ditunggu-tunggu.  Untuk memastikannya istri anda dapat melakukan tespack ketika mengalami keterlambatan haid di siklus haid selanjutnya atau bisa langsung periksa ke dokter spesialis kandungan untuk USG rahim.   Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hubungan sekskehamilanhaid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil