08 May 2021, 05:43Kandungan

Bagaimana pengaturan diet saat hamil?

O
Info Penanya: O0
Dok saya ingin menanyakan, saya hamil anak pertama dan bobot berat badan saya 105kg saat awal periksa lalu bulan berikutnya naik 106kg. Ketika cek ke 3 trun jd 100kg dan ke 4x cek 97kg bulan ini saya cek 99kg. Di usia kandungan 26 minggu saya sudah usg juga janin 800gram..bagaimana yg harus saya lakukan agar berat badan saya turun tetapi janin dalam kandungan saya tetap sehat. Karena saya ingin melahirkan secara normal dok?
77 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, OTerima kasih atas pertanyaannya.Ketika hamil wanita dianjurkan untuk naik berat badan sekitar 11-16 kg.  Hal ini bergantung pada berat badan sebelum hamil.  Mengalami kegemukan saat hamil dapat berisiko kelahiran premature, persalinan caesar, gangguan pada perkembangan janin, diabetes kehamilan, tekanan darah tinggi.  Bila sebelum hamil memang sudah memiliki berat badan berlebih maka perlu pengaturan berat badan selama kehamilan yang baik untuk ibu dan janin.

Cara mengatur berat badan saat kehamilan :

  • Mengurangi asupan kalori dengan batas minimal 1700 kalori per hari yang disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas sehari-hari.
  • Buat jadwal makan selama seminggu agar bisa memantau kalori per harinya.
  • Batasi lemak tidak sehat contohnya mentega yang diganti dengan minyak zaitun.
  • Tetap konsumsi cemilan yang diganti dengan buah-buahan atau sayur di sela makan besar.
  • Kurangi makanan yang diproses, gorengan, instan, MSG, cepat saji, makanan ringan, jajanan, dan hindari kopi, teh, dan soda.
  • Lakukan olahraga ringan atau senam hamil setidaknya 30 menit sehari.
  • Tetap konsumsi vitamin hamil setiap hari.
Dalam mengatur diet untuk menurunkan berat badan saat hamil perlu dilakukan kontrol rutin dengan dokter spesialis kandungan agar perkembangan janin juga dapat dipantau.  Sehingga ketika pola diet menganggu perkembangan janin maka akan dilakukan penyesuaian terkait diet yang dilakukan.  Untuk itu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan anda sebelum menjalankan diet saat hamil. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
menjaga kehamilanmenurunkan berat badanpemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil