28 Mar 2021, 06:19Kandungan

Apakah belum haid setelah melahirkan bisa hamil ?

ES
Info Penanya: ES0
Dok , sy mau tanya abis lahiran sy blm dtg bulan , Dr 11 desember , smpai skrg udh 3 bln lbih blm dtg juga , sy melakukan hubungan bdn sblm anak st umr 2 bln , tp mengeluarkan sperma diluar , apakah sy bsa hamil atau tidak . trimaksih
114 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamata siang, E.Tidak datang bulan bisa dirasakan oleh setiap wanita termasuk wanita yang belum melakukan hubungan seksual. Kehamilan salah satunya dapat ditandai dengan tidak datang bulan. Namun belum pasti semua telat datang bulan karena wanita sedang hamil. Harus diperiksa lebih lanjut baik periksa urin sendiri dengan test pack atau USG kandungan.

Apakah belum haid setelah melahirkan bisa hamil ?

Saat ibu pasca melahirkan menyusui anaknya full ASI terkadang haid tidak kunjung datang. Hal ini membuat Ibu merasa belum subur dan tidak akan hamil. Namun hal itu pendapat yang salah. Setiap wanita yang ovulasi walau haid tidak lancar dan tidak datang bulan, lalu melakukan hubungan intim dimana sperma dalam keadaan sehat dan cukup membuahi sel telur maka kehamilan dapat terjadi.Walau Anda dan pasangan melakukan ejakulasi di luar vagina, cairan yang keluar sesaat sebelum ejakulasi berlangsung dapat membawa sperma meskipun dalam jumlah yang lebih kecil. Jika Anda tidak kunjung datang bulan, diikuti rasa mual berlebih (morning sickness), rasa nyeri di perut dan payudara, mood tidak stabil, flek kecoklatan segera lakukan pemeriksaan urin dan USG di dokter kandungan.Gunakan alat kontrasepsi yang tidak mengganggu proses menyusui dan produksi ASI jika Anda dalam keadaan tidak hamil. Lakukan pola hidup sehat, jaga BB ideal, istirahat cukup agar hormon stabil kembali.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menyusuimerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil