27 Feb 2021, 15:50Kandungan

Apakah telat haid setelah berhubungan pasti karena kehamilan ?

DK
Info Penanya: DK0
Siang dok semalam saya melakukan hubungan intim yg di awali petting,kemudian pake kondom,,karna lama g keluar²,,pasangan saya mncoba buka kondom dan melanjutkan hubungan intim,,tapi di keluarin di perut,,sesaat kemudian saya minum pil kb microguinon,,sesuai jadwal,sedangkan jadwal saya blm menstruasi lg karna jadwal menstruasi sy bulan feb tgl 2,apakah ini beresiko hamil dok terima kasih
587 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, D.Kehamilan memang dinanti oleh sebagian orang yang lama menunggu hadirnya sang buah hati di dalam rumah tangga, namun sebagai malapetaka bagi pasangan yang berhubungan seksual tanpa adanya ikatan pernikahan maupun pasangan yang sudah terlalu banyak anak. Kehamilan salah satunya diawali dengan telat menstruasi dan morning sickness. Namun banyak wanita yang tidak memiliki gejala ternyata sedang mengandung.

Apakah telat haid setelah berhubungan pasti karena kehamilan ?

Telat datang bulan yang Anda alami walau sebelumnya Anda telah memininum pil KB microguinon setelah berhubungan seksual dapat disebabkan oleh kehamilan, karena mengkonsusmi pil KB harus sesuai dengan aturannya yaitu pil KB microguinon dikonsumsi setiap hari dengan waktu yang sama. Pil KB microguinon juga butuh waktu untuk berkerja dalam mencegah kehamilan dan tidak dapat langsung berkerja sesaat setelah berhubungan intim kecuali pil yang Anda konsumsi merupakan pil kontrasespsi darurat dimana kemungkinan terjadinya kehamilan jauh lebih kecil.Selain karena kehamilan, telat haid yang Anda alami dapat pula disebabkan oleh gangguan hormon pasca penggunaan pil KB, stress, ketidakeimbangan hormon dan berat badan, hipotiroid maupun PCOS.Walau ejakulasi dilakukan di luar vagina, cairan praejakulasi yang keluar di dalam vagina dapat mengandung sperma dan membuahi sel telur. Jika setelah berhubungan intim Anda tidak kunjung datang bulan terlebih mengalami keluhan seperti tanda awal kehamilan seperti keram perut, nyeri payudara, flek kecoklatan, morning sickness segera lakukan pemeriksaan USG di dokter kandungan atau lakukan test pack.Semoga bermnafaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil