25 Feb 2021, 08:59Kandungan

Bagaimana cara melakukan tes pack?

AN
Info Penanya: AN0
Saya seharusnya haid setiap tanggal 21, tapi sampai hari ini tanggal 25 belum juga haid, pernah saya tespack pada tanggal 22 dan hasil nya negatif, kapan sebaik nya saya tespack ulang ya dok, dan apa kah saat kita mencelupkan alat strip itu harus pas d garia max, atau boleh nggak sampai garis max pada strip ya Terima kasih,
337 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore AN,Tes pack adalah pemeriksaan sederhana untuk mendeteksi adanya kehamilan. Tes pack ini perlu dilakukan bila wanita sudah terlambat haid 1 minggu. Karena bila dilakukan terlalu cepat maka hasilnya bisa seolah-olah negatif atau malah 2 garis namun ada yang samar sehingga akan menimbulkan kebingungan.

Cara tes pack yang benar:

  • Gunakan urin pagi yang pertama kali keluar ketika Anda bangun tidur.
  • Celupkan alat tesnya ke dalam urin dan tidak melebih garis maksimal. Sehingga sebaiknya dibawah garis maksimal, tidak perlu menyentuh garis maksimal.
  • Segera angkat, tunggu sesaat dan baca dalam waktu kurang dari 5 menit. Karena bila dibiarkan terlalu lama maka urin akan menguap dan akan tampak garis samar yang dianggap sebagai tanda kehamilan.
Karena Anda melakukan tes pack terlalu cepat maka sebaiknya Anda melakukan tes pack ulang di tanggal 1 Maret. Selama menunggu tanggal tersebut jalankan pola hidup sehat dengan rutin mengonsumsi asam folat, banyak makan sayuran, protein, tidak bergadang dan rutin berjemur setiap pagi serta minum susu.Namun bila nanti hasilnya negatif, maka penyebab haid Anda terlambat disebabkan oleh faktor kelelahan, sedang banyak masalah, perubahan berat badan, dll. Anda tidak perlu cemas dan tetap biasakan pola hidup sehat. Bila Anda ragu maka Anda bisa memastikan penyebabnya dengan periksa ke dokter kandungan.Salam sehat,dr. Vina
siklus haidhamiltest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil