08 Feb 2021, 20:37Kandungan

Apakah berhubungan intim dapat menyebabkan kehamilan ?

MK
Info Penanya: MK, Pria0
Dokter mohon penjelasan,,,,,, Hait terakhir tanggal 15 November,,,, Berhubungan intim dengan pasangan tanggal 10 dan seterusnya, Apakah itu bisa terjadi kehamilan,,,,,????? Mohon penjelasan dokter ???
317 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, M.Kehamilan dapat menjadi sesuatu yang sangat dinanti oleh pasangan yang belum memiliki anak, terlebih sudah menikah dalam waktu yang lama. Namun kehamilan juga merupakan sesuatu yang dapat membuat cemas karena pasangan berhubungan seksual di luar pernikahan atau belum siap untuk hamil.

Apakah berhubungan intim dapat menyebabkan kehamilan ?

Berhubungan intim memang dapat menyebabkan kehamilan terutama dilakukan saat wanita dalam masa subur dimana peluang hamil menjadi lebih besar. Namun tidak semua hubungan intim akan menyebabkan kehamilan karena banyak faktor yang mempengaruhi, antara lain gangguan ovulasi oleh penggunaan alat kontrasepsi, penyakit penyerta seperti polikistik ovarium sindrome, penyakit hipotoroid, sumbatan saluran tuba, maupun faktor dari laki-laki dimana memiliki sperma yang sedikit, sel sperma yang mudah mati, bentuk dan pergerakan  sperma tidak normal.Jika setelah Anda haid terakhir yaitu 15 November Anda melakukan hubungan seksual terutama tanpa menggunakan alat kontrasepsi, hingga hari ini Anda belum datang bulan, hal ini dapat disebabkan oleh kehamilan. Sehingga Anda perlu melakukan test pack urin saat Anda bangun di pagi hari. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan USG di dokter spesialis kandungan.Segera gunakan alat kontrasepsi yang ada jika Anda dan pasangan masih ingin menunda mendapatkan keturunan.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil