07 Feb 2021, 23:56Kandungan

Kehamilan apa mungkin terjadi?

MK
Info Penanya: MK, Pria0
Dokter,,,, Hari pertama hait terakhir tanggal 15 November, Berhubungan intim terjadi tanggal 10 Desember selanjutnya, itu bisa terjadi kehamilan,,,????
445 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi MK,HPHT adalah hari pertama haid terakhir yang menjadi patokan dalam menghitung kapan haid bulan berikutnya, kapan masa suburnya, dan bila sedang hamil maka dipakai sebagai perhitungan untuk menentukan usia kehamilannya dan perkiraan kapan melahirkannya.Bila HPHT Anda tanggal 15 November maka berapa hari sekali siklus haid Anda? Bila dianggap Anda memiliki siklus haid 28 hari sekali sama seperti pada wanita umumnya, maka perkiraan masa subur Anda ada di tanggal 27 November hingga 1 Desember. Sehingga bila Anda berhubungan seksual di tanggal 10 Desember maka kemungkinan kecil sekali terjadi kehamilan karena Anda berhubungan seksual bukan di masa subur Anda.

Penyebab terlambat haid.

Namun bila sekarang Anda terlambat haid, maka bisa disebabkan oleh:
  • Stres takut terjadi kehamilan yang tidak diinginkan.
  • Sedang kelelahan.
  • Sedang diet ketat.
  • Gangguan hormon.
  • Kurang tidur dan sering bergadang.
Yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan pola hidup sehat agar hormon Anda kembali seimbang. Usahakan untuk makan protein dan sayur yang banyak, banyak minum air putih serta olahraga dan tidur secara teratur. Bila Anda masih ragu maka lakukan tes pack atau lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk penanganan lebih lanjut.Salam sehat,dr. Vina
siklus haidhamilgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil