05 Feb 2021, 07:06Kandungan

Apakah berhubungan intim setelah operasi sesar bisa hamil ?

SA
Info Penanya: SA0
Misi dok mau tanya.. Saya sudah Melakukan operasi sc 3bln lalu.. Dan saya sudah haid juga..kalau berhubungan intim buang diluar apa bisa hamil dok.soalnya saya belum kb
1414 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Operasi sesar adalah opearasi yang dapat dipilih untuk persalinan baik karena permintaan Ibu, atau penyulit kehamilan yang mengharuskan operasi seperti janin letak sunsang, janin terlalu besar, pinggul ibu yang sempit, tekanan darah tinggi, maupun kondisi pecah ketuban dini tanpa adanya rasa mulas berupa kontraksi.

Apakah berhubungan intim setelah operasi sesar bisa hamil ?

Setelah operasi sesar dimana haid Anda sudah lancar kembali, menandakan bahwa ovulasi terjadi sehingga saat berhubungan seksual, sperma yang berhasil masuk ke tuba falopi dan membuahi sel telur yang telah matang, dapat menyebabkan Anda hamil. Walau sperma dikeluarkan diluar vagina, sperma dapat masuk ke vagina melalui cairan precum sebelum ejakulasi terjadi. 

Apa saja alat kontrasepsi yang dapat dipilih ibu menyusui ?

Jika Anda dalam keadaan menyusui ingin memakai alat kontrasepsi, gunakan alat kontrasepsi yang tidak mengandung hormon seperti IUD dan kondom. Selain itu, Anda dapat menggunakan pil KB khusus untuk ibu menyusui, dan suntikan KB 3 bulan dimana suntikan tidak mempengaruhi ASI. Namun jika setelah berhubungan seksual haid Anda tidak kunjung datang, terlebih Anda mengalami mual muntah seperti tanda awal sebuah kehamilan, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilanibu menyusuikontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil