23 Jan 2021, 17:09Kandungan

Apakah minum pil KB setelah berhubungan mencegah hamil ?

Y
Info Penanya: Y0
Dok saya mau nanya, apabila berhubungan sex ,setelah sejam minum pil KB apakah masih bisa mencegah kehamilan, karena sebelumnya belum pernh minum pil KB?
744 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, Y.Minum pil KB adalah suatu cara mencegah kehamilan dengan memasukkan hormon baik progesteron atau esterogen ke tubuh. Hal ini bertujuan agar pembuahan akibat hubungan seksual tidak terjadi. Minum pil KB memang efektif dalam menghalangi pembuahan, namun ini tergantung dari jenis pil KB apa yang diminum, dan bagaimana caranya.

Apakah minum pil KB setelah berhubungan mencegah hamil ?

Ketika pasangan melakukan hubungan seksual, dimana tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun, dan pasangan belum ingin mendapatkan keturunan. Meminum pil KB biasa setelah hubungan seksual masih dapat menyebabkan kehamilan. Lain halnya dengan meminum pil KB darurat dimana pil KB ini segera dikonsumsi sesaat setelah hubungan seksual terjadi hingga maksimal dalam waktu sekitar 72 jam. Setelah pil KB darurat yang pertama diminum, maka wanita meminum pil KB darurat kedua dengan jarak 12 jam setelah pil pertama.Pil KB darurat efektif dan berkhasiat mencegah kehamilan, namun bukan sebagai cara penggugur kandungan jika pembuahan telah terjadi. Namun karena efektifitas pil tidak sepenuhnya dapat berhasil, maka kemungkinan wanita untuk hamil tetap dapat terjadi. Sehingga Anda harus memeriksakan diri ke dokter spesilis kandungan jika muncul gejala berupa tanda sebuah kehamilan seperti rasa ingin muntah, sepanjang hari terutama saat pagi, sebelumnya diawali dengan telat datang bulan, buang air kecil yang meningkat, payudara mengencang dan terasa nyeri, maupun muncul flek kecolatan dan keram pada perut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilantes kesuburankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil