19 Jan 2021, 16:50Kandungan

Apakah tidak haid berbulan-bulan karena kehamilan atau efek KB ?

LW
Info Penanya: LW0
Dok,saya mau nanyak,saya pernah kb suntik 3bln pada tanggal 15september 2020,tapi saat ini saya belum haid2,saya sering mual,dan saya merasa perut saya semakin besar sperti orang hamil,dan saya sring merasakan sesak,sperti perut saya kadang berat,sesak,itu apa kah saya kemungkinan hamil dok?
222 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, L.Penggunaan dan pemilihan alat kontrasepsi harus dilakukan secara bijak, karena tiap alat kontrasepsi memiliki efek samping, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing. Efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi juga berbeda-beda di tiap wanita. Terlebih penggunaan alat kontrasepsi yang hanya mengandung hormon progestin saja baik suntikan KB atau pil KB, membuat haid wanita menjadi tidak lancar, siklus tidak teratur, bahkan bisa tidak mengalami haid selama berbulan-bulan.

Apakah tidak haid berbulan-bulan karena kehamilan atau efek KB ?

Tidak haid yang Anda alami sejak 15 September 2020 hingga saat ini bisa karena efek dari suntik KB 3 bulan yang Anda gunakan karena kandungan KB berupa hormon progestin, namun bisa saja penyebab tidak haid yang Anda alami karena sebuah kehamilan. Terlebih Anda mengalami sering mual, perut membesar, perut terasa berat dan sesak. Namun hal ini harus dibuktikan dengan pemeriksaan lainnya, seperti pemeriksaan urin yang dapat Anda lakukan di rumah menggunakan alat test pack, atau periksa kandungan secara langsung di dokter spesialis kebidanan dengan USG baik melalui abdomen maupun transvaginal.Selain karena kehamilan, rasa mual, tidak nyaman di perut, rasa sesak, perut terasa berat dapat disebabkan oleh peningkatan asam lambung yang Anda alami. Sehingga Anda perlu menjaga asupan makanan yang teratur, dan menghindari semua makanan yang dapat meningkatkan asam lambung, terutama yang terlalu asam, terlalu pedas, maupun soda dan kopi. Anda dapat mengubah alat kontrasepsi Anda menajdi alat kontrasepsi yang tidak menganggu siklus menstruasi seperti KB IUD. Namun sebelum mengganti alat kontrasepsi, Anda harus periksa terlebih dahulu, dan benar dalam keadaan sedang tidak hamil.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil