18 Jan 2021, 20:56Kandungan

Hamil tua perut kencang apa mau melahirkan?

LY
Info Penanya: LY0
Dokter saya sudah hamil 39 Minggu, perut saya sangat kencang dan saat kencang perut bagian bawah terasa sakit dan pinggul juga terasa sakit, kira2 bahaya gak y dok?
402 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang LY,Kehamilan di usia 39 minggu tentunya sudah mendekati persalinan sehingga wajar saja bila perut terasa kram-kram. Yang perlu Anda pahami adalah apa saja tanda-tanda seorang ibu hamil akan melahirkan.

Tanda-tanda wanita hamil akan melahirkan:

  • Perut terasa mulas dengan frekuensi dan durasi yang semakin lama semakin kencang dan tidak membaik dengan perubahan posisi tubuh. Bila kram perut membaik dengan perubahan posisi tubuh mungkin saja Anda hanya mengalami kontraksi palsu atau braxton hicks.
  • Keluar darah lendir.
  • Sering kencing.
  • Keluar cairan sekonyong-konyong dari vagina, bukan air kencing.
  • Nyeri di pinggang hingga ke bokong dan perut bawah.
Yang perlu Anda lakukan bila perut Anda sudah terasa mulas-mulas adalah melakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan atau setidaknya ke bidan untuk melihat apakah sudah ada pembukaan atau belum. Anda bisa mengompres menggunakan air hangat untuk meredakan mulasnya. Sedangkan untuk mempercepat persalinan, Anda bisa melakukan hubungan seksual dengan suami Anda atau melakukan rangsang puting payudara.Salam sehat,dr. Vina
kontraksihamilpersalinan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil