18 Jan 2021, 09:33Kandungan

Hasil usg didapatkan kantung, apakah hamil atau tidak?

HY
Info Penanya: HY0
Dok saya mau tanya saya haid terakhir awal november dan sampai sekarang blm haid lg, sudah saya tespack tapi negatif pada desember akhir kemarin saya coba buat usg kata dokternya sudah ada kantung di dalam rahim, dan seminggu berikutnya payudara saya terasa nyeri sampai sekarang, , mau saya tespeck lg tapi takut. Itu kira² hamil beneran atau gmna ya dok?
210 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam HYKehamilan dapat terjadi apabila anda saat masa suburnya berhubungan intim dengan pasangan anda dan terjadi pembuahan pada sel telur oleh sel sperma. Terdapat tanda-tanda kehamilan lainnya yang bsia dirasakan. Tanda-tanda kehamilan tersebut yaitu:

Penyebab Test Pack Negatif pada Kehamilan

Untuk mengetahui adanya kehamilan atau tidak dapat dilakukan tes kehamilan mandiri dengan menggunakan test pack. Test pack yang hasilnya negatif tetapi terdapat tanda-tanda kehamilan bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:
  • Terlalu dini melakukan test pack
  • Urin yang digunakan terlalu encer
  • Alat test pack rusak atau kadaluarsa
  • Tidak mengikuti petunjuk dengan benar
  • Tidak terjadi kehamilan, tanda-tanda kehamilan bisa menyerupai PMS (premesntrual syndrome)

Pemeriksaan USG Kehamilan

Tentunya bila ada kehamilan maka hasil test pack akan positif. Untuk lebih memastikan ada tidaknya kehamilan dilakukan pemeriksaan USG oleh dokter spesialis kandungan pada kehamilan 8-11 minggu didapatkan adanya kantung kehamilan dan janin didalamnya.Bila hanya ditemukan kantung kehamilan tanpa janin merupakan kondisi yang disebut hemil kosong (blighted ovum) atau bila ada kantung kehamilan yang membesar namun tidak ada perkembangan janin maka kondisi ini disebut dengan hamil anggur. Maka perlu dilakukan pemeriksaan USG kembali setiap 2-3 minggu ke depan secara rutin. Anda juga bisa berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis kandungan melalui chat mengenai hal ini. Sementara itu tetap jaga pola hidup sehat, makan bergizi sesuai ibu hamil dan hindari stres serta berolahraga rutin 3-4x seminggu yang aman bagi ibu hamil.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
kehamilantes kehamilanusg
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil