15 Jan 2021, 10:23Kandungan

Apakah datang bulan pertanda hamil?

A2
Info Penanya: A20
Dok, saya mau nanya, sebulan yang lalu saya berhubungan dengan suami tetapi menggunakan kondom, karena baru pertama, akhirnya berdarah. Kemudian bulan ini saya haid, apakah akan hamil atau tidak dok ?
199 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore ALBerdarah setelah berhubungan intim merupakan hal yang wajar yang disebabkan karena robeknya hymen atau lecetnya dinding vagina. Kehamilan dapat terjadi apabila adanya sel telur yang dibuahi oleh sperma. Sel telur akan dimatangkan dan kemudian dilepas ke saluran telur oleh indung telur ini yang kita sebut dengan ovulasi pada masa subur. 

Haid bukan tanda kehamilan

Apabila sel telur yang telah dilepas ke saluran telur ini apabila tidak dibuahi maka akan mati dan kemudian dibuang keluar dan luruh bersama lapisan dinding rahim. Proses ini yang biasanya kita sebut dengan haid atau menstruasi. Jadi apabila anda haid maka tidak terjadi kehamilan.Untuk mengusahakan kehamilan anda harus menghitung masa subur dan berhubungan intim 2 hari sebelum, saat dan 2 hari setelah masa siubur untuk meningkatkan potensi kehamilan. Selain itu juga anda harus menerapkan pola hidup sehat untuk kesehatan organ reproduksi.Bila anda ingin menunda kehamilan sebaiknya anda menggunakan metode kontrasepsi. Ada beberapa metode yang bisa anda pilih seperti pil KB, KB suntik 1 bulan dan 3 bulan, KB imlan, dan IUD. Kondom juga bisa digunakan untuk mencegah kehamilan tapi waspadai bila ada kebocoran atau pemasangan yang tidak tepat sehingga bisa menyebabkan kebobolan kehamilan. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan bila anda ingin merencanakan program kehamilan atau menggunakan alat kontrasepsi/KB.Semoga bermanfaat. Salam sehatdr. Pany CL
siklus haidkehamilanmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil