07 Jan 2021, 12:39Kandungan

Tekanan darah tinggi saat kehamilan apa penyebabnya?

A
Info Penanya: A0
Dok apakah usia hamil 9 minggu sudah bisa kelihatan janin pada usg apa blm dan penyebab darah tinggi saat hamil
208 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi AUntuk memastikan ada tidaknya kehamilan salah satunya adalah dengan pemeriksaan USG dan didapatkan adanya kantung dan janin dalam rahim. Hal ini baru dapat terlihat pada uisa 8-11 minggu kehamilan.

Tekanan Darah Tinggi Pada Kehamilan

Tekanan darah tinggi adalah dimana tekanan darah manusia melebihi batas normal yang disebut dengan hipertensi. Pada kehamilan dikatakan memiliki tekanan darah tinggi apabila dalam 2 kali pemeriksaan yang diselang 4 jam hasilnya sistolik di atas ≥140 mmHg dan diastolik ≥90 mmHg. Tekanan darah tinggi pada kehamilan terbagi menjadi beberapa kategori yaitu:
  • Hipertensi kronik
    hipertensi ini ditemukan sejak awal kehamilan
  • Hipertensi gestasional 
  • hipertensi ini didapatkan pertama kali dan muncul saat kehamilan usia di atas 20 minggu dan hilang setelah 3 bulan pasca melahirkan
  • Preeklampsia-Eklampsia
    hipertensi gestational yang tinggi dapat menyebabkan preeklampsia dengan ditemukannya protein dalam urin yang bisa disertai dengan pembengkakan pada wajah, tangan dan kaki. Preeklampsia ini ditemukan pada akhir kehamilan dan bisa berlanjut menjadi eklampsia bila terlambat ditangani dimana sudah terjadi kerusakan pada saraf sehingga menyebabkan ibu hamil kejang, tidak sadarkan diri, koma, hingga kematian.
  • Preeklampsia superimposed (dengan hipertensi kronis)
    Preeklampsia ini terjadi karena sebelumnya sudah memiliki hipertensi kronis sejak awal kehamilan
Hipertensi ini dapat mengurangi aliran darah ke rahim sehingga bisa menyebabkan janin kekurangan nutrisi dan oksigen. Komplikasi dari hipertensi bisa terjadi keguguran, berat badan lahir rendah, prematur dan kematian janin. Penyebab hipertensi pada kehamilan ini belum bisa diketahui secara pasti dan jarang menimbulkan keluhan sehingga biasanya didapatkan dari pemeriksaan saat kontrol kehamilan.Keluhan yang bisa ditimbulkan berupa pusing atau sakit kepala hebat, mual, pandangan kabur, sakit perut, urin yang berkurang atau tidak keluar. Untuk itu sebaiknya melakukan kontrol secara rutin ke dokter spesialis kandungan apalagi bila memiliki keluhan-keluhan tersebut, atau kehamilan pertama, hamil usia sangat muda atau usia di atas 35 tahun, memiliki riwayat hipertensi atau penyulit lainnya pada kehamilan sebelumnya.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL  
kehamilanhipertensitekanan darah tinggi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil