25 Dec 2020, 11:45Kandungan

Penyebab mennorhagia yang sering dialami seorang wanita

SF
Info Penanya: SF0
Selamat siang dok. Tanggal 6 November saya haid dan Selesai haid tanggal 21 November, lalu tanggal 22 nya saya berhubungan intim dengan pasangan saya menggunakan alat kondom. Disaat sperma nya keluar, penis pasangan saya belum keluar dari vagina saya beberapa detik, setelah keluar penisnya saya melihat sperma nya masih didalam kondom tersebut. Yang saya tanyakan, kapan waktu masa subur nya dok? Kebetulan saya hari ini telat 1 bulan 3 hari, apakah saya hamil dok? Nb: saya sering telat datang bul
325 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang S.Menstruasi adalany proses terjadinya peluruhan pada dinding rahim yang telah dipersiapkan untuk penempelan janin. Proses ini dapat berlansung lama dengan perdarahan yang banyak karena pengaruh hormon dan dinding rahim yang terlalu tebal, ataupun perdarahan yang hanya sedikit. Rata-rata seorang wanita mengalami haid berkisar 3 hingga 7 hari. Yang Anda alami haid dari tanggal 6 November hingga 21 November adalah 15 hari merupakan durasi yan panjang. Hal ini disebut dengan mennorhagia.

Penyebab mennorhagia yang sering dialami seorang wanita

Penyebab mennorhagia oleh karena gangguan hormon esterogen dan progesteron. Selain itu, penyebab mennorhagia yang sering dialami seorang wanita antara lain :
  • Penggunaan alat kontrasepsi yang mengandung hormon progestin saja, atau esterogen saja dapat memicu terjadinya perdarahan menstruasi yang lebih banyak, selain itu juga dapat mencetuskan terjadinya perdarahan atau flek kecoklatan di antara dua periode menstruasi.
  • Penggunaan alat kontrasepsi spiral yang memasukkan alat ke dalam rahim juga dapat menyebabkan perdarahan haid lebih banyak dan lebih lama yang disertai dengan nyeri perut.
  • Gangguan pembekuan darah menyebabkan darah yang keluar susah untuk berhenti.
  • Seorang wanita yang akan menopause terlebih di atas 45 tahun akan mengalami haid yang lebih banyak dan lama.
  • Kista yang ada di dalam rahim seperti endometriosis (kista coklat) menimbulkan gejala menstruasi yang lama dan sangat nyeri.
Kondom merupakan alat yang efektif dalam mencegah terjadinya kehamilan dan penyakit menular seksual. Namun cara pemakaian yang salah atau kondisi kondom yang bocor, tetap dapat membuat seorang wanita hamil. Telat haid yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh tanda kehamilan, yang diikuti tanda kehamilan lainnya seperti morning sickness, atau bisa disebabkan oleh gangguan hormon dengan siklus menstruasi yang memanjang, sehingga wanita dapat menstruasi tiap 2 bulan sekali.Masa subur dapat dihitung saat wanita sedang mengalami ovulasi, kira-kira 14 hari sebelum datang menstruasi. Namun masa subur ini sulit dinilai jika wanita tidak memiliki siklus menstruasi yang teratur. Untuk itu, jika Anda belum siap untuk mempunyai keturunan, maka gunakan alat kontrasepsi yang ada. Pastikan menggunakan kondom dengan cara yang ebnar, atau dapat dikombinasi dengan penggunaan alat kontrasepsi yang lain.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
kontrasepsiendometriosisgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil