18 Dec 2020, 21:07Kandungan

Efek Pil KB pada tubuh 

HP
Info Penanya: HP, Wanita, 20 Tahun
Hallo dok,saya Ibu muda usia 20th anak pertama Lahir prematur 01/08/2018. 2bulan anak saya lahir saya Operasi ususbuntu. 01/01/2020.saya pendarahan(keguguran) usia kehamilan 12weeks,vonis dokter kandungan karena kehamilan BO dan saya masih dalam KB suntik 3bln Setelahnya,saya gak KB suntik 3bln lg,beralih KB pil tapi saya rasa gak cocok badan semakin kecil hanya 36kg Skrg saya udah telat 3hari dok,payudara kencang,vagina nyeri,perut gak nyaman.Apa saya saat ini hamil lg kah dok?trmksh dok?
1189 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo H,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Penggunaan alat kontrasepsi menjadi pilihan bagi pasangan yang belum mau, atau ingin menunda kehamilan. Banyak pilihan alat kontrasepsi yang ada, antara lain alat kontrasepsi yang mengandung hormon seperti KB suntik baik 1 maupun 3 bulan, pil KB yang mengandung esterogen atau kombinasi, KB implan, maupun alat kontrasepsi non hormonal atau kondom dan IUD.

Efek Pil KB pada tubuh 

Efek Pil KB pada tubuh dapat dirasakan berbeda-beda setiap wanita, ada beberapa efek pil Kb yang sering muncul antara lain :
  • Nyeri kepala.
  • Rasa tidak nyaman dan sakit di payudara.
  • Muncul flek kecoklatan di antara periode mentruasi.
  • Peningkatan berat badan atau sebaliknya.
  • Timbul jerawat.
  • Gairah seksual menurun.
  • Gangguan mood yang naik turun.
Seorang wanita dikatakan telat haid jika wanita tersebut tidak kunjung datang bulan lebih dari siklus mentruasi normal yaitu 21 hingga 35 hari. Jika telat datang bulan ini diikuti dengan tanda-tanda kehamilan yang ada, seperti mual yang memberat terutama di pagi hari, perubahan suasana hati, nyeri dan keram perut, rasa tidak nyaman di payudara, rasa ingin berkemih yang meningkat, maka sebaiknya Anda melakukan tes urin menggunaan test pack atau melakukan pemeriksaan USG di dokter kandungan. Jika Anda belum siap untuk hamil, dan tidak ingin merasakan efek alat kontrasepsi pil KB, maka Anda dapat mengganti alat kontrasepsi yang non hormonal. Untuk itu, diskusikan bersama pasangan Anda di dokter kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
keguguranmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil