11 Dec 2020, 14:17Kandungan

Apakah setelah berhubungan kemudian menstruasi, masih bisa hamil?

DD
Info Penanya: DD0
Dok, saya mau tanya,seminggu ini saya berhubungan intip setiap hari, tapi pas seminggu setelah berhubungan, saya haid, apa saya bisa hamil dok? Terimakasih.
296 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo D,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Salah satu keberhasilan untuk mendapatkan kehamilan adalah dengan berhubungan intim agar sperma yang masuk ke vagina, dapat bertemu dan membuahi ovum yang telat matang. Proses pembuahan ini dapat terjadi jika kegiatan seksual dilakukan saat masa subur, maupun sebelum masa subur, karena sperma masih dapat menunggu dan bertahan di organ reproduksi wanita selama 5 hari, namun ini tergantung dari kesehatan sperma itu sendiri, baik dari jumlahnya yang cukup, kekentalannya, bentuk sperma, pergerakkan sperma yang normal, atau faktor dari wanita seperti tidak adanya sumbatan menuju ke tuba falopi, lendir serviks yang tidak terlalu kental, dan keadaan ovum apakah sudah siap untuk dibuahi atau belum. Pembuahan ini juga dapat terjadi di luar organ reproduksi wanita yaitu pada program bayi tabung.

Proses penempelan janin ke dinding rahim

Hasil pembuahan ini akan akan berjalan menuju rahim melewati saluran tuba falopi, dan menempel di dinding rahim. Selama kehamilan, janin akan terus menempel dan membesar, membuat janin menekan organ sekitar rahim seperti tulang belakang dan kantung kemih.

Proses menstruasi

Namun jika pembuahan tidak terjadi, maka tubuh siap memberikan "kode" bahwa tidak adanya penempelan janin pada dinding rahim, sehingga muncul proses menstruasi yaitu proses luruhnya dinding rahim.Jadi yang Anda alami karena sudah terjadi menstruasi 1 minggu setelah berhubungan, maka kemungkinan kehamilan tidak terjadi. Untuk itu tetap bersabar dan semangat dalam menanti hadirnya keturunan. Lakukan hubungan seksual saat masa subur dan setiap 3-4 hari sekali. Terapkan pola hidup sehat, dan jaga kebersihan organ intim.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
meningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil