18 Nov 2020, 17:48Kandungan

Kenapa kantung kehamilan belum muncul?

AN
Info Penanya: AN0
Dok,saya mau tanya,,bulan kemaren saya usg pas telat haid 10 hari,masihh belum tumbuh kantong janinnya,,tapi di tes positif,dan bulan ini saya priksa ke bidan desa ,di raba katanya masih belum terasa,awal haid tgl 23 agustus,kenapa ya dok? Saya jadi was was
701 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, ANTerima kasih atas pertanyaannya.Kehamilan dapat terjadi karena proses pembuahan pada sel telur oleh sel sperma.  Proses ini akan berlanjut pada perlekatan sel telur untuk kemudian menjadi tempat berkembangnya janin.  Kehamilan umumnya terjadi selama 40 minggu.  Usia kehamilan dihitng dari hari pertama haid terakhir.Kantong kehamilan adalah salah satu tanda adanya kehamilan pada pemeriksaan USG.  Kantong kehamilan umumnya dapat terlihat pada usia kehamilan kurang lebih 6-9 minggu. 

Penyebab tidak adanya kantung kehamilan :

  • Usia kehamilan yang terlalu dini
    Salah memperhitungkan usia kehamilan dapat menyebabkan pemeriksaan USG yang terlalu dini sehingga kantung kehamilan berlum terlihat.  Kantung akan muncul pada usia kehamilan lebih dari 6 minggu. 
  • Kehamilan kosong.
    Tidak adanya janin ataupun kantung kehamilan namun terdapat tanda kehamilan dan tes kehamilan positif.
  • Kehamilan ektopik
    Kehamilan yang terjadi bukan di rahim, tetapi di saluran tuba atau indung telur.  Umumnya akan disertai nyeri panggul dan perdarahan dari vagina.
Anda dapat kembali periksa ke dokter kandungan untuk evaluasi USG apakah kantung kehamilan sudah muncul atau belum.  Jika tidak ada kantung kehamilan ada kemungkinan kehamilan kosong.  Pada kondisi ini testpack dapat positif karena hormon kehamilan masih ada namun akan berangsur-angsur menurun disertai tanda kehamilan yang hilang.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilantes kehamilankehamilan palsukehamilan ektopik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil