16 Nov 2020, 14:54Kandungan

cara untuk mencegah kehamilan

FM
Info Penanya: FM0
Bagaimana cara mencegah kehamilan dok
247 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat siang, FM.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Kehamilan merupakan proses bertemunya ovum dan sperma yang kemudian terjadi pembuahan. Kehamilan banyak diidamkan oleh setiap orang. Tetapi adakalanya pasangan suami istri berencana untuk menunda kehamilan. Bisa karena jarak antara anak terlalu dekat, anak terlalu banyak, atau penyebab lainnya.

Cara Mencegah Kehamilan

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kehamilan, antara lain :
  • Menggunakan alat kontrasepsi. Ada berbagai macam alat kontrasepsi, yaitu berupa pil yang rutin diminum setiap hari, suntikan 1 atau 3 bulan, IUD atau spiral, kondom, dan implan.
  • Konsumsi pil kontrasepsi darurat. Pil kontrasepsi darurat ini biasa disebut dengan postpil. Pil ini diminum setelah berhubungan seks hingga 72 jam (3 hari) setelah aktivitas seks tanpa pengaman. Postpil ini tidak boleh dikonsumsi secara terus menerus karena efek samping yang lebih besar dibanding Pil KB lainnya.
  • Senggama Terputus. Senggama terputus dapat dilakukan dengan ejakulasi di luar vagina. Namun cara ini memiliki efektifitas yang rendah dalam mencegah kehamilan.
  • Steril. Tindakan steril dapat dilakukan dengan cara operasi yaitu vasektomi maupun tubektomi.
Setiap alat kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Alat kontrasepsi juga memiliki efek samping yang berbeda. Untuk itu, selalu konsultasi bersama pasangan ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Jika setelah melakukan hubungan badan dan terlambat haid yang diikuti tanda-tanda kehamilan, anda dapat melakukan tes kehamilan menggunakan test pack. Cara pemeriksaan test pack menggunakan urin saat bangun tidur di pagi hari. Jika hormon kehamilan terdeteksi di urin yaitu hormon HCG, maka hasil test pack akan positif.Semoga jawaban dari saya membantu anda. "Salam Sehat.dr. Lidya Hapsari" 
merencanakan kehamilankontrasepsipemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil