15 Nov 2020, 20:18Kandungan

Haid 5 kali dalam sebulan, kenapa dan apakah bisa hamil?

AI
Info Penanya: AI0
Dok saya mau nanya nih, kan sebelumnya pada bulan september saya haidnya 2x dalam sebulan itu, tapi ada waktu jedanya kemudian pada bulan oktober saya haid lagi dan pada saat itu haidnya 3x dalam bulan itu nah jadi dalam 2 bulan saya haid sudah 5x dok, saya sudah periksa ke dokter dan sudah dikasih obat juga akhirnya pada tanggal 29 oktober kemarin saya bersih dari haid (terakhir haid) tgl 29 itu, dan sampai sekarang saya belum haid apakah kemungkinan dok di bulan novemver ini saya bisa hamil???
184 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ITerima kasih atas pertanyaan AndaSiklus haid normal terjadi pada wanita yaitu 21 hari - 35 hari. Walaupun setiap wanita mempunyai siklushaid yang berbeda-beda namun secara rata-rata siklus haid wanita adalah 28 hari. Perdarahan haid yang terjadi diluar siklus haid bisa terjadi karena pengaruh beberapa kondisi, yang menyebabkan wanita mengalami haid lebih dari 1 kali dalam siklusnya.

Adapun kondisi yang menyebabkan perdarahan di luar siklus haid adalah:

  • Stres, kecemasan dan atau disertai dengan kelelahan fisik 
  • Adanya perubahan berat badan secara mendadak, baik berat badan yang meningkat atau berat badan yang turun drastis
  • Masalah hormonal pada tubuh, seperti pada PCOS
  • Kondisi kesehatan lain pada organ reproduksi wanita, seperti adenomiosis, polip rahim dan lain sebagainya
  • Efek samping penggunaan KB
Untuk memastikan penyebabnya, perlu dilakuan pemeriksaan oleh dokter. Jika kondisi ini sudah dilakukan pemeriksaan oleh dokter dan sudah mendapatkan obat yang sesuai, kemudian Anda mengalami terlambat haid bisa disebabkan oleh berabagai macam kondisi seperti karena pengaruh hormonal, ataupun karena efek dari obat yang diberikan. Terkait dengan apakah terlambat haid yang Anda rasakan karena hamil atau tidak, perlu dipastikan dengan beberapa tanda pasti dari kehamilan, seperti:
  • Hasil positif dari tes kehamilan (test pack)
  • Hasil pemeriksaan alat scanning, atau USG Kehamilan
  • Hasil pemeriksaan fisik
Jika Anda berencana program hamil, sebaiknya usahakan siklus haid Anda normal dan teratur terlebih dahulu agar Anda bisa menentukan masa subur Anda. Lakukanlah konsultasi kembali ke dokter spesialis kandungan terdekat. Pastikan Anda melakukan beberapa tips yang disarankan untuk program hamil, hindari stres serta kelelahan dan lakukanlah istirahat dengan cukup.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A 
siklus haidkehamilanhaid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil