13 Nov 2020, 14:08Kandungan

Kehamilan melintang apa solusinya?

YA
Info Penanya: YA0
dok apakah bayi melintang masih bisa berubah saat kandungan usia 36 minggu mohon jawabannya
283 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi YA,Menjelang persalinan memang seringkali muncul permasalahan seperti posisi janin yang tidak tepat yakni terletak melintang hingga letak sungsang. Adanya kelainan posisi ini akan membuat janin susah dilahirkan sehingga dokter kandungan akan menyarankan tindakan operasi caesar demi keselamatan janin dan ibunya.Perihal kondisi Anda yang masih hamil 36 minggu dan letak janin melintang maka masih bisa diusahakan namun tentunya kecil kemungkinan janin berubah posisi karena sudah menjelang persalinan. Untuk kehamilan dibawah 37 minggu kemungkinan janin masih bisa berubah posisi sekitar 40%.

Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki posisi janin Anda:

  • Latihan bersujud dengan kedua telapak tangan menggapai lantai jauh ke depan. Lakukan gerakan ini selama 45 detik dan ulangi beberapa kali dalam 1 hari.
  • Berbaring terletang dan ganjal pinggul dan bokong menggunakan bantal.
  • Berbaring terlentang, tekuk kedua kaki Anda dan berusaha angkat bokong Anda dan tahan selama beberapa menit. Ulangi gerakan ini beberapa kali.
  • Rutin berenang.
Karena usia kehamilan Anda sudah 36 minggu, maka sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter kandungan. Karena bila dirasa tidak ada gangguan dan janin berukuran kecil, maka dokter akan berusaha melakukan manuver external cephalic version yakni memutar posisi janin dari luar perut.Salam sehat,dr. Vina
perkembangan janinhamilposisi janin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil