10 Nov 2020, 12:27Kandungan

Pertamakali suntik KB, apakah bisa langsung mencegah kehamilan?

LR
Info Penanya: LR0
Assalamualaikum dok. Saya may tnya. Jadi setelah masa nifas 40hari saya berhubungan dngn suami dan dikeluarkan di dluar. Sehari setelah itu saya mengeluarkan darah kecoklatan kemudian darah seperti orang haid selama 7-8hari. Selesai haid saya langsng suntik kb 3bulan dan saya juga asi eksklusif untuk bayi saya. 3hari setelah suntik saya berhubungan lg dngn suami ejakulasi di luar. Apa hal tersebut bsa terjadi kehamilan? Dab stelah kb 3bln sudah lewat 7hari apa boleh berhubjngan ejakulasi didlm ?
646 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, LTerima kasih atas pertanyaan AndaSalah satu alat kontrasepsi yang kerap digunakan masayrakat indonesia yaitu suntik KB, yang terdapat 2 jenis yaitu suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan. Kedua suntik KB ini merupakan alat kontrasepsi hormonal. SUntik KB memilki fungsi mengahambat pelepasan sel telur dan mencegah melekatnay sel telur pada dinding rahim sehinga tidak terjadi proses pembuahan yang menyebabkan kehamilan. Jika dilakukan sesuai jadwal dan rutin, maka suntuk KB terbukti sangan efektif dalam mencegah kehamilan bagi pasangan suami istri yang berencana menunda kehamilan. 

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari suntik KB:

  • Bisa bertahan lama, yaitu 8 -13 minggu tergantung jenis dari suntik KB yang digunakan
  • Tidak perlu menghitung masa subur ketika hendak melakukan hubungan seksual
  • Tidak perlu mengonsumsi pil KB setiap hari dan tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi lainnya
  • Membantu mengatasi nyeri haid
  • Tidak bereaksi dengan obat-obatan lainya
Terkait dengan kondisi Anda, jika suntik KB yang Anda lakukan saat ini adalah suntik KB pertama kali alangkah baiknya berikan jeda selama 14 hari terhitung sejak suntik KB dilakukan bila Anda berencana melakukan hubungan seksual dengan ejakulasi di dalam vagina. Hal ini bertujuan agar sudah bisa dipastikan bahwa suntik KB sudah bisa berfungsi sebagaimana mestinya.Sedangkan, jika Anda saat ini menyusui ekslusif, namun sudah mendapatkan siklus haid seletah masa nifas, maka metode amenore laktasi (MAL) dalam mencegah kehamilan tidak bisa digunakan. MAL hanya bisa berfungsi mencegah kehamilan secara maksimal ketika setelah masa nifas ibu belum haid selama periode laktasinya. Sehingga tetap disarankan untuk menggunakan alat kontrasepsi, seperti suntik KB jika berencana menunda kehamilan. Lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan bila ada keluhan terkai dengan kesehatan organ reproduksi wanita ataupun konsultasi terkait penggunaan KB. Semoga bermanfat. Salam sehat, dr. Dwiana A
hubungan sekskehamilanpenggunaan kbibu menyusui
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil