05 Oct 2020, 15:57Kandungan

Istriku hamil anakku atau anak selingkuhannya, ya?

S
Info Penanya: S, Pria0
Dok saya mo bertanya??? Saya berhubungan dgn istri saya tgl 7 agustus dan tgl 10 agustus istri saya haid, dan setelah istri saya haid saya tidak pernah lagi berhubungan dgn istri saya, dia sudah berhubungan dgn lelaki lain dan 2 minggu berselang istri saya hamil, yg jadi pertanyaan saya apakah itu anak saya atau anak dari selingkuhannya dok?
1052 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, S.Untuk menentukan siapa ayah dari seorang anak, perlu dilakukan tes DNA, yaitu sebuah prosedur yang bertujuan untuk mengetahui materi genetik seseorang. Tes DNA bisa dilakukan sejak seseorang masih berusia janin di dalam kandungan. Selain mendeteksi siapa ayah kandungnya, tes DNA juga bisa mengetahui apakah ada penyakit karena mutasi genetik.Untuk melakukan tes DNA pada janin, sampel yang dibutuhkan adalah cairan ketuban atau jaringan plasenta. Sebelum melakukan tes DNA, Anda dan istri perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter, agar mengetahui dengan jelas manfaat dan risikonya.

Mengapa Disarankan Tes DNA?

Tes DNA perlu dilakukan karena ingatan terkait kapan seseorang melakukan hubungan tidak dapat menjadi tolok ukur kepastian. Pada kondisi yang Anda sampaikan, hubungan intim pada tanggal 7 Agustus yang diikuti oleh haid tanggal 10 Agustus dapat menyebabkan kemungkinan kecil kehamilan, apabila:
  • Siklus dan durasi haid istri Anda pendek, sehingga selesai haid sperma yang mampu bertahan sampai lima hari di dalam rahim masih dapat membuahi sel telur
  • Perdarahan yang terjadi tanggal 10 Agustus bukan haid, tetapi perdarahan pertanda implantasi (melekatnya janin di dinding rahim)
Lalu, hubungan yang dilakukan setelah 10 Agustus pun dapat menyebabkan kehamilan. Nah, oleh karena sperma Anda dan laki-laki lain tersebut keduanya memungkinkan membuahi sel telur, silakan pastikan dengan tes DNA, ya.Untuk informasi lebih lanjut, silakan Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
hamilkehamilantes kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil