23 Sep 2020, 16:54Kandungan

Kehamilan baik-baik saja atau keguguran?

RP
Info Penanya: RP, Wanita, 23 Tahun
ijin tanya dok saya terakhir haid 27 juli sudah 3kali tes pek ada 2 garis namun masih samar tapi hari ini 23 september saya keluar darah sepeti namun tidak ada gumpalan2 dan darahnya banyak sudah di usg namun hasilnya rahim saya kosong jadi apakah ini keguguran atau tidak dok? Jika keguguran apa tindakan yang harus saya lakukan dok?
569 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang RP,Tanda pasti kehamilan adalah didapatkan adanya kantong janin di rahim pada pemeriksaan USG. Apabila saat USG masih kosong terlebih sudah terlambat haid 2 bulan, maka pertanda bukan disebabkan kehamilan. Adanya hasil testpack yang samar sendiri bisa karena alat testpack yang menguap, hormon yang terdeteksi masih sedikit ataupun karena cara penggunaan yang kurang tepat. Perdarahan yang muncul saat ini bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan seperti:
  • Tanda kehamilan
  • Perdarahan menstruasi
  • Flek cokelat
  • Perdarahan implantasi
  • Gangguan organ reproduksi
Apabila keguguran, hasil testpack tetap masih akan menunjukan hasil positif. Jika saat ini terjadi perdarahan dan cukup banyak bisa merupakan darah menstruasi. Jika ragu, bisa coba dilakukan pemeriksaan kadar hormon HCG kuantitatif, dimana jika terjadi kehamilan atau keguguran akan terjadi peningkatan kadar hormon HCG tersebut.Anda juga bisa mengulang kembali pemeriksaan testpack dan kembali dilakukan USG melalui USG transvaginal untuk memastikan apa yang jadi penyebabnya pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
tes kehamilanperdarahanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil