Apa ini tanda tanda kehamilan ya?

TS Info Penanya: TS, Wanita, 21 Tahun
Dok ,seharusnya kan saya haid antara tgl 10 sampai tgl 12 ,tapi sampai saat ini saya belum haid. Tgl 12 kemarin saya melakukan hubungan badan dan tgl 13 siang itu ada bercak darah dan flek flek. Apa ini tanda tanda kehamilan ya dok? Karena saya juga tidak KB
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi TS,

Kehamilan bisa terjadi bila Anda melakukan hubungan seksual ketika sedang masa subur. Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, maka perlu diketahui siklus haidnya setiap berapa hari sekali.

Namun siklus haid ini wajar saja bila mengalami sedikit keterlambatan, karena masih dianggap normal bila siklus haidnya dalam rentang 21-35 hari sekali. Dan adanya faktor stres, kelelahan, perubahan berat badan juga akan mempengaruhi datangnya siklus haid, selain kemungkinan kehamilan.

Bila setelah berhubungan seksual kemudian keesokan harinya keluar bercah darah, maka bisa saja disebabkan oleh:

Darah implantasi tanda awal hamil biasanya muncul setelah hari ke 6-12 paska berhubungan seksual. Sehingga perlu diketahui apakah sejak tanggal 10 Agustus sampai 10 September Anda melakukan hubungan seksual? Ataukah hanya berhubungan seksual di tanggal 12 September saja?

Bila selama tanggal 10 Agustus sampai 10 September ada berhubungan seksual, maka sebaiknya Anda melakukan tes pack di tanggal 19 September untuk memastikan sedang hamil atau tidak. Pastikan menggunakan urin pagi yang pertama keluar biar hasilnya lebih akurat.

Bila nantinya hasilnya negatif, maka jalankan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, banyak makan sayur dan buah, cukup tidur serta jangan bergadang. Bila Anda tidak yakin dengan hasil tes packnya, Anda bisa konsultasi dengan dokter kandungan agar bisa dilakukan USG.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Janin aktif bergerak sebelah kanan bukanlah penanda jenis kelamin Si Kecil.

Janin Aktif Bergerak Sebelah Kanan, Haruskah Ibu Hamil Waspada?

Janin aktif bergerak sebelah kanan menandakan posisinya di rahim, bukan jenis kelamin. Jangan sampai Anda terkecoh dengan mitos yang banyak beredar, ya!