Apakah berhubungan intim 2 hari sebelum menstruasi bisa hamil ?

RA Info Penanya: RA, Wanita, 26 Tahun
Dok apakah berhubungan intim 2 hari sebelum menstruasi akan hamil ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RA.

Berhubungan intim atau berhubungan seksual merupakan aktivitas yang umumnya akan mempertemukan produk yang dihasilkan oleh alat reproduksi pria yakni sperma dan cairan lainnya, serta produk yang dihasilkan oleh alat reproduksi wanita yaitu cairan vagina dan sel telur. Pertemuan kedua produk hasil dari alat reproduksi pria dan wanita tersebutlah yang dapat membuahkan kehamilan. Namun hubungan seksual sendiri  tidak selalu bertujuan untuk mendapatkan keturunan. Pada keadaan tertentu, terdapat pasangan yang ingin menunda memiliki keturunan karena berbagai faktor.

Adapun salah satu cara yang umum dilakukan oleh pasangan yang sedang menunda kehamilan yakni dengan menghitung masa subur wanita, sehingga dapat memperkirakan waktu berhubungan yang dianggap dapat menekan peluang kehamilan. Namun demikian perlu diingatkan kembali bahwa berhubungan di luar masa subur memang dapat menurunkan peluang kehamilan, tetapi pada seorang wanita yang subur, peluang kehamilan tetap ada walaupun kecil. Dengan kata lain, berhubungan pada masa tidak subur tidak semerta-merta tidak akan menyebabkan kehamilan.

Terkait dengan pertanyaan Anda tentang hubungan intim pada 2 hari sebelum menstruasi, yang umumnya bukan merupakan masa subur, apakah bisa hamil ? jawabannya adalah masih tetap bisa, tetapi jika diperkirakan seberapa besar peluangnya maka dapat dikatakan jauh lebih kecil dibandingkan dengan berhubungan saat masa subur yang umumnya terjadi setelah mestruasi.

Untuk dapat mengidentifikasi kemungkinan kehamilan, jika pada siklus haid selanjutnya terjadi keterlambatan menstruasi melebihi 10 hari, cobalah untuk melakukan test pack.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

ibu hamil mengalami perut kencang pada masa kehamilan 39 minggu

Hamil 39 Minggu Perut Sering kencang? Ini Jawabannya

Saat hamil 39 minggu, beberapa calon ibu mulai mengalami berbagai keluhan, salah satunya adalah perut sering kencang. Umumnya, hamil 39 minggu perut sering kencang dapat diakibatkan oleh kontraksi Braxton-Hicks. Kenali apa itu kontrakis Braxton-Hicks