Apakah bisa kehamilan terjadi?

LD Info Penanya: LD, Wanita, 22 Tahun
Halo dok. apakah kehamilan bisa terjadi hanya karena penis dan vagina berjarak dekat dan menekan. Saya dan teman laki laki saya saat itu menggunakan pakaian lengkap. Bahkan menggunakan celana jeans. Dan saya masih menggunakan celana pendek dan pantiliner saat itu. Apakah mungkin bisa terjadi kehamilan?Saya telah melalui operasi kista. Dan sebelumnya hasil laboratorium menyatakan saya hamil. Mohon bantuannya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LD,

Hasil laboratorium yang menyatakan hamil mungkin yang dimaksud adalah terdeteksi adanya peningkatan hormon beta hCG. Hormon hCG atau human Chorionic Gonadotropin berfungsi untuk beragam hal, tapi juga bisa menjadi penanda adanya masalah kesehatan.

Peningkatan hormon ini tidak hanya bisa meningkat ketika terjadi kehamilan tetapi juga bisa terjadi ketika ada masalah kesehatan lain seperti:

  • Adanyai tumor
  • Penggunaan obat tertentu
  • Gangguan organ reproduksi seperti adanya kista ovarium
  • Adanya keganasan di organ reproduksi ataupun saluran kemih
  • Penyebab lain.

Jika sebelumnya pernah ada kista dan sudah dilakukan operasi, pada saat pemeriksaan bisa menyebabkan adanya peningkatan hormon HCG. Untuk itu tidak perlu mengkhawatirkannya apabila sudah dilakukan tindakan.

Untuk aktivitas seksual yang dilakukan, tidak berisiko menimbulkan kehamilan. Ataupun kalaupun ada kemungkinan hamil, kecil kemungkinannnya. Sperma tidak bisa menembus bahan pakaian apalagi jika beberapa lapis. 

Memang jika melakukan petting tapi tidak menggunakan busana dan ada ejakulasi didekat vagina, bisa menimbulkan kemungkinan terjadinya kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh LD
14 Sep 2020, 00:20
Sebelumnya saya tes darah dan hasil keluar setlh saya operasi ,dan saat itu saya di vonis "operasi kista" apakah sebenarnya itu kista atau memang saya hamil dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
14 Sep 2020, 11:23
Selamat siang, LD.
Seperti pada penjelasan di atas, hormon kehamilan dapat meningkat pada berbagai keadaan yang bukan hanya kehamilan dan salah satunya bisa karena riwayat penyakit kista yang diderita. Jika Anda khawatir, untuk memastikannya Anda dapat menjalani pemeriksaan lebih lanjut khususnya pemeriksaan USG, agar dapat lebih dipastikan berupa kehamilan atau bukan.
Salam sehat
Dibalas oleh LD
14 Sep 2020, 11:28
Tapi saya sudah melakukan operasi tersebut dok. Apakah masih bisa di cek USG , apakah itu hamil atau Krn kista tersebut. Sedangkan saat ini saya sudh dinytakan TDK ada sel apapun di dlm tbuh saya. .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
15 Sep 2020, 13:49
Selamat siang LD,
Berapa banyak kista yang dioperasi? Bisa saja masih ada kista yang kembali tumbuh atau adanya tumor sehingga terdeteksi hormon beta HCG nya. Paling tepat adalah Anda melakukan USG ulang untuk memastikan apa penyebab hormon beta HCG Anda. Tidak mungkin hamil bila Anda petting menggunakan pakaian lengkap dan pantyliner, kecuali tangan bekas sperma pasangan Anda menyentuh vagina Anda.
Salam sehat,
dr. Vina
Dibalas oleh LD
15 Sep 2020, 22:30
Kjadian itu sy dn pasngn tgl 20 Aguts. tgal 4 September siang sy mrasakn susah bab dn sya pksa kluar dgn bntuan tangan. Dn mmbuat dubur sy skit. Kmdian tnggh mlm harinya sy Bab dn smakin skit di perut bgian knan dn rasany skit yg hbat shga sy TDK bs Tdr. Awalny usus buntu n kmdian dilakukan operasi. sy dironsen n diambil darah. Dn d tgl 5 Sept sat oprasi usus buntu dokter mengindikasi ad kista d dlm tbuh sy shgga dioprasi. smingguny sy kontrol dn hsl dri lab mnyatakan sy positif
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
16 Sep 2020, 23:35
Selamat malam, LD.
Baik, maka kemungkinan masih berhubungan dengan riwayat operasi kistanya, karena baru dilakukan seminggu sebelum kontrol tersebut. Untuk memastikannya, Anda dapat kontrol kembali pada dokter Kandungan yang menangani dan berkonsultasi lebih lanjut.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jahe menjadi salah satu makanan penambah hormon testosteron pada pria.

7 Makanan Penambah Hormon Testosteron yang Penting Bagi Pria

Hormon testosteron sangatlah penting bagi pria. Tidak hanya berperan sebagai penambah libido dan gairah seks, tapi juga kesehatan reproduksi hingga pertumbuhan rambut. Kenali makanan penambah hormon testosteron di sini.