Apakah nikah siri saat melahirkan boleh menggunakan BPJS?

ST Info Penanya: ST
Apakah nikah siri saat melahirkan boleh menggunakan bpjs
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi ST,

BPJS adalah jaminan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah agar biaya berobat lebih terjangkau, termasuk biaya melahirkan. Namun tentunya pemakaian fasilitas ini harus memenuhi persyaratan dan prosedur yang berlaku.

Beberapa prosedur umum BPJS yang diperlukan adalah:

  • Melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan pertama/ puskesmas. Bila keluhan tidak bisa ditangani di faskes pertama maka akan dibuatkan surat rujukan ke Rumah Sakit untuk penanganan lebih lanjut.
  • Kartu BPJS dalam kondisi aktif dan rutin membayar iuran, kecuali Anda memakai BPJS yang biayanya ditanggung pemerintah.
  • Melengkapi persyaratan seperti KTP, KK. Tentunya bila Anda menikah secara siri/ secara agama, maka tentunya belum sah secara hukum negara, sehingga KK nya belum berubah. Sehingga kemungkinan besar tidak bisa melahirkan menggunakan BPJS. Namun untuk lebih pastinya, Anda bisa menanyakan langsung ke fasilitas kesehatan Anda atau kantor BPJS karena seringkali ada perubahan peraturan dalam persyaratan dan hal apa saja yang ditanggung oleh BPJS.

Pastikan untuk segera memastikannya ke kantor BPJS dan jangan lupa memeriksakan kandungan ke dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. VIna

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Test pack adalah salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki calon ibu hamil

Daftar Perlengkapan yang Penting Dimiliki ibu Hamil Sepanjang Trimester Kehamilan

Ada banyak perlengkapan yang hars dimiliki oleh ibu hamil di sepanjang masa kehamilan sampai waktunya melahirkan. Apa saja dan apa gunanya?