11 Sep 2020, 07:10Kandungan

Berhubungan di hari pertama haid dengan ejakulasi di luar, apakah bisa hamil ?

NM
Info Penanya: NM, Wanita, 28 Tahun
Dok kalo berhubungan ejakulasi diluar hanya dibibirnya saja saat sedang haid hari pertama apakah memungkinkan akan hamil?
1928 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, NM.Berhubungan seksual saat haid terutama di awal periodenya adalah keagiatan yang dapat memberikan berbagai risiko. Walaupun sebagian berpendapat bahwa berhubungan saat haid diperbolehkan, namun umumnya bukan dilakukan pada periode awalnya, melainkan pada akhirnya. Pasalnya hubungan seksual pada periode awal haid malah dapat menimbulkan banyak efek samping.

Beberapa risiko dan efek samping berhubungan seksual saat awal haid tersebut, antara lainnya ialah :

  • luka pada vagina
  • iritasi dan peradangan pada vagina
  • meningkatnya risiko tertular infeksi menular seksual
  • terjangkit infeksi jamur 
  • risiko terjangkit radang panggul
  • kehamilan
Mengenai ejakulai diluar yang terjadi saat haid hari pertama, peluang menyebabkan kehamilannya akan bergantung pada berapa lama periode atau durasi haid Anda. Pasalnya sperma dapat bertahan sekitar 2-7 hari di dalam tubuh wanita, dan setelah haid umumnya diikuti oleh masa subur, maka jika haid hanya sebentar kemungkinan masih ada. Hal ini bergantung juga apakah ada cairan sperma yang masuk ke dlam vagina atau tidak. Karena sebelum ejakulasi pun sperma masih dapat terkandung dalam cairan yang dikeluarkan sebelumnya (cairan pra-ejakulasi) dan cairan tersebut dikeluarkan tanda dapat disadari dan dikendalikan.Maka untuk melihat kemungkinan kehamilan, Anda dapat memantai siklus haid selanjutnya. Jika terjadi keterlambatan haid minimal 10 hari, Anda dapat melakukan test pack yang diulang kembali satu minggu setelahnya agar lebih akurat. Untuk kedepannya sebaiknya hubungan seksual saat haid dihindari mengingat banyaknya risiko dan efek samping yang dapat ditimbulkan.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
kehamilanhaidhubungan seks beresiko
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil