29 Aug 2020, 18:57Kandungan

Test pack setelah telat haid 1 hari, apakah terlalu cepat ?

KD
Info Penanya: KD, Wanita, 18 Tahun
Dok saya mau bertanya, bulan lalu saya haid pada tanggal 28 , dan saya berhubungan intim pada tanggal 21 dan 23 bulan agustus, lalu saya mengecek kehamilan pada tanggal 29 menggunakan tespek dan hasilnya negatif, tetapi saya sudah telat haid selama 1 Hr dok, apakah saya hamil? Atau saya tes nya terlalu cepat?
3139 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, KDF.Telat haid umum diidentikan sebagai tanda awal kehamilan. Namun ternyata masih banyak faktor dan kondisi medis lainnya yang dapat menyebabkan keterlambatan haid. Beberapa diantarany berhubungan dengan gangguan keseimbangan hormon pengatur siklus haid.

Adapun berbagai faktor dan kondisi medis tersebut diantaranya ialah :

  • status gizi yang berlebih (obesitas) atau kekurangan
  • stres, kecemasan dan kondisi emosinal labil lainnya
  • kelelahan
  • pola makan tidak sehat
  • kurang olah raga atau terlalu banyak seperti atlet
  • konsumsi dan penggunaan obat-obatan tertentu
  • penyakit tertentu seperti PCOS, gangguan kelenjar tiroid dan lain-lainnya
Mengenai telat haid Anda yang baru satu hari terjadi umumnya masih dalam rentang yang normal karena setiap bulan berbeda jumalah hair dalam tanggalan. Maka begitu pula dengan test pack yang dilakukan, tergolong aterlalu cepat dan dapat memberikan hasil yang tidak akurat. Untuk hasil yang akurat, dibutuhkan minimal keterlambatan haid 10 hari untuk melakukan test pack. Dan akan lebih akurat lagi jika dilakukan pengulangan satu minggu kemudian setelah test pack yang pertama kali, jika memang masih belum haid. Selain test pack ada pula pemeriksaan kehamilan jenis lain yang lebih akurat yakni tes kehamilan dengan sampel darah yang dapat dilakukan di laboratorium. Tes tersebut umumnya tidak perlu menunggu waktu 10 hari keterlambatan untuk dapat emngidentifikasi kehamilan.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
tes kehamilangangguan menstruasicara menggunakan test pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil