Apakah ejakulasi saat berhubunagn seksual bisa menyebabkan hamil?

SC Info Penanya: SC, Pria, 25 Tahun
Selamat siang dok.saya mau bertanya.apakah perempuan pertama kali yang melakukan hubungan intin dan penis laki-laki hanya masuk ujungnya saja, terus laki-laki tersebut keluar sperma, meskipun baru mau masuk alias masih di ujung gtu masuknya.apakah bisa terjadi hamil dokter?apakah selaput darah yang belum pecah bisa menghalangi masuknya sperma? terima kasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Bertemunya sel telur wanita dengan sel sperma pria atau kerap disebut dengan proses pembuahan dapat menyebabkan kehamilan. Oleh sebab itu, bila sedang merencanakan kehamilan pria perlu melakukan ejakulasi di dalam vagina agar memudahkan proses pembuahan. Selain itu, hbungan seksual juga sebaiknya dilakukan pada saat wanita sedang dalam masa subur.

Terkait dengan pertanyaan Anda, apabila saat dilakukan hubungan seksual, Anda tidak melakukan ejakulasi di dalam vagina pasangan Anda maka tidak terjadi kehamilan karena tidak terjadi pembuahan.

Terkait dengan selaput dara atau dalam istilah medis adalah hymen, secara normal bentuk hymen tidaklah tertutup rapat. Justru hymen yang tertutup rapat merupakan kondisi tidak normal yang perlu dilakukan tindakan operasi. Normalnya hymen pada wnaita sudah berlubang karena bila tidak berlubang, darah menstruasi tidak bisa keluar. 

Jika saat melakukan hubungan seksual, belum dilakukan penetrasi namun Anda sudah ejakulasi maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis Andrologi, terkait dengan ejakulasi dini atau karena adanya masalah kesehatan organ reproduksi pria yang lainnya.  

Adapun dibawah ini beberap tips untuk menunda kehamilan:

  • Gunakan alat kontrasepsi 
  • Ketahui masa subur istri Anda, hindari melakukan hubungan seksual saat sedang dalam masa subur
  • Lakukan metode senggama terputus

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fetish gilang bungkus dari sisi medis

Ramai "Gilang Bungkus", Sebenarnya Apa Itu Fetish?

Fetish yang dilakukan oleh "Gilang Bungkus" adalah kesenangan yang didapatkan seseorang sebagai respons terhadap objek yang tidak mengandung unsur seksual.