Berhubungan saat haid lalu keluar flek, hamil atau sisa darah haid ?

AA Info Penanya: AA
Selamat pagi dok, saya wanita. Ketika saya haid hari pertama saya berhubungan badan, dan siklus haid saya itu 41 hari apakah ada kemungkinan hamil dok? Saya haid tanggal 2 dan selesai tanggal 6. Hari ini saya keluar flek seperti darah kering sisa mens apakah itu tanda hamil atau sisa mens dok. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AA.

Berhubungan saat haid tergolong pada aktivitas seksual yang memiliki berbagai risiko, terutama jika dilakukan saat awal periodenya. Walaupun adanya pendapat yang tidak melarang aktivitas hubungan seksual di akhir periode haid, namun umumnya tetap dapat menyebabkan berbagai efek samping.

Beberapa efek samping dan risiko berhubungan seksual saat haid, diantaranya ialah :

  • iritasi maupun peradangan pada vagina
  • vagina mengalami luka
  • terjangkit infeksi menular seksual
  • mengalami radang panggul
  • munculnya infeksi jamur 
  • kehamilan

Terkait dengan pertanyaan Anda tentang keluarnya flek darah setelah haid dengan adanya riwayat berhubungan pada awal haid masih belum dapat dipastikan berupa perdarahan normal atau abnormal. Umumnya jika berkelanjutan, perlu diperiksakan karena dapat berupa gangguan pada alat reproduksi seperti yang telah dipaparkan diatas.

Sedangkan mengenai kemungkinan kehamilan, secara umum tidak dapat dilihat dari keluarnya flek tersebut saja. Tanda kehamilan yang paling awal adalah keterlambatan haid, yang dapat Anda amati pada siklus selanjutnya. Adapun faktor penyabab lainnya yang mungkina Anda alami yaitu gangguan haid yang dikenal dengan sebutan metroragia dimana terjadinya perdarahan diluar siklus haid.

Sementara ini, pantaulah flek darah tersebut. Apabila tidak keluar lagi, maka umumnya masih aman. Selanjutnya jika terjadi keterlambatan selama minimal 10 hari pada siklus haid selanjutnya, lakukanlah test pack.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bagi calon ibu perlu mengetahui jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil di tiap trimesternya

6 Jenis Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil, Manakah yang Cocok untuk Anda?

Ibu hamil disarankan untuk tetap rutin berolahraga. Namun sebelum melakukannya, penting bagi para calon ibu untuk mengetahui jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil di tiap trimesternya.