Apakah bisa terjadi kehamilan?

KK Info Penanya: KK, Pria, 24 Tahun
Saya mau bertanya dok. Istri saya haid tgl 22 Juli. Kemudian saya berhubungan di tgl 4 Agustus tapi di keluarkan di luar. Dan tgl 20 istri saya datang bulan. Apakah bisa hamil dok??Terimakasih ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KK,

Kehamilan adalah berhasilnya sel telur dibuahi oleh sel sperma yang bisa ditandai dengan tidak timbulnya menstruasi, timbul tanda kehamilan seperti mual dan muntah di pagi hari, rasa tidak nyaman di perut bawah, payudara yang lebih sensitif, lebih mudah lelah, perubahan mood yang cepat dan gejala lainnya.

Apabila melakukan hubungan seksual di tanggal 4 agustus dan di tanggal 20 agustus terjadi menstruasi, berarti menandakan pembuahan tidak terjadi dan tidak ada kehamilan. Kecuali kalau yang keluar hanyalah flek, bisa merupakan tanda kehamilan juga. Untuk itu bisa juga dipastikan dengan melakukan pemeriksaan testpack.

Apabila memang masih ingin menunda memiliki momongan, bisa menggunakan metode kontrasepsi setelah dipastikan tidak hamil. Metode kontrasepsi yang bisa digunakan seperti:

  • Pil KB
  • Kondom

Apabila melakukan hubungan seksual tetapi dilakukan ejakulasi diluar atau dikeluarkan diluar, bisa masih ada kemungkinan terjadi kehamilan walaupun kecil. Hal ini bisa disebabkan karena saat melakukan hubungan seksual bisa ada cairan preejakulasi. Cairan preejakulasi ini bisa keluar tanpa disadari saat melakukan penetrasi, dan bisa ada cairan sperma yang ikut terbawa keluar. Cairan ini yang bisa membuat kemungkinan kehamilan. Untuk itu baiknya bisa menggunakan metode kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bersantai di ranjang atau langsung tidur setelah berhubungan seks ternyata bisa merugikan kesehatan

10 Kebiasaan Sehat yang Penting Dilakukan Setelah Berhubungan Intim

Berikut kebiasaan baik setelah berhubungan intim agar pasangan tetap sehat yaitu, mencuci tangan, membersihkan area genital, berkumur, mengganti seprei dsb.