Apakah kepala bayi masih bisa berputar di usia 36 minggu ?

A Info Penanya: A, Wanita, 23 Tahun
Halo dok saya mau tanya, apakah jika kandungan umur 36week posisi kepala bayi sudah dibawah masih bisa muter atau sudah tidak bisa muter dan tinggal nunggu turun ke panggul?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Posisi bayi di dalam kandungan dapat berubah-ubah selama masa kehamilan, hingga pada satu waktu dimana posisi tersebut dipertahankan yang umumnya terjadi pada usia kehamilan 36 atau 37 minggu. Idealnya, posisi bayi pada saat Ibu melahirkan dikenal dengan istilah posisi anterior, yaitu kepala bayi di bagian bawah dengan bagian belakang kepala bayi yang menghadap ke arah dinding perut Ibu atau ke depan. Namun demikian terdapat beberapa posisi bayi yang dapat menimbulkan komplikasi pada persalinan.

Beberapa diantaranya ialah :

  • posisi posterior. kepala dibawah namun wajah menghadap ke dinding perut Ibu
  • posisi sungsang 
  • posisi melintang 

Mengenai pertanyaan Anda, seperti pada penjelasan diatas, umumnya jika telah memasuki usia kehamilan 36 atau 37, posisi bayi khususnya yang susah ideal akan dipertahankan dan tinggal menunggu masa-masa kepala bayi turun ke panggul. Namun demikian menurut para ahli, apabila jumlah cairan ketuban masih mencukupi di dalam kandungan maka pada usia kehamilan 8 bulan pun bayi masih dapat berputar. Untuk itu kontrol kehamilan secara rutin khususnya mendekati masa persalinan justru semakin diperlukan. Adapun gerakan menungging yang masih dapat dilakukan guna menjaga posisi kepala bayi berada di bawah dan dapat membantu meredakan nyeri punggung pada fase menuju persalinan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan untuk memperbanyak sel telur dapat membuat seorang wanita subur.

8 Makanan untuk Memperbanyak Sel Telur Wanita, Tertarik Mencobanya?

Makanan untuk memperbanyak sel telur seperti alpukat dan jahe sungguh penting untuk wanita. Dengan begitu, kesempatan untuk punya momongan bisa lebih besar.