Keluar flek seminggu setelah haid, apakah tanda kehamilan ?

YA Info Penanya: YA, Wanita, 1 Tahun
Selamat pagu dok saya mau bertanya usia saya 18 tahun saya sudah menikah saya haid pada tanggal 5 sampai tanggal 11 dan pada hari ke 12 saya berhubungan intim tetapi setelah berhubungan saya minum posfil setelah 1 minggu kemudian saya datang bulan lagi atau flek apa saya hamil?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, YA.

Flek darah yang muncul diluar siklus haid merupakan keadaan yang dapat terjadi karena berbagai faktor. Dalam istilah medis keadaan tersebut dikenal dengan sebutan metroragia atau haid tidak teratur. Terdapat berbagai faktor yang dapat mendasari keadaan terssebut.

Beberapa diantaranya ialah :

  • gangguan proses ovulasi
  • ketidakseimbangan hormon akibat berbagai hal seperti stres, obesitas, konsumsi obat-obatan tertentu seperti pil KB
  • gangguan pembekuan darah
  • penyakit pada alat reproduksi, seperti :
    • adenomiosis
    • endometriosis
    • fibroid rahim
    • polip rahim

Mengenai munculnya flek darah pada Anda yang terjadi seminggu setelah haid dan hubungan badan, belum tentu disebabkan oleh kehamilan. Mengenai tanda kehamilan sendiri, biasanya disertai pengeluaran flek pada awal pembuahan namun jika terjadi dalam satu minggu dari sejak berhubungan umumnya terlalu cepat, karena normalnya flek tersebut timbul pada saat implantasi bakal janin ke dinding rahim yang terjadi setelah dua minggu dari sel sperma masuk ke alat reprosuksi wanita. Namun demikian waktu perkiraan dari proses pembuahan tersebut tidaklah mutlak sehingga untuk memastikan ada atau tidaknya kehamilan, perlu dipastikan melalui pemeriksaan test pack.

Adapun kemungkinan lain dari timbulnya flek pada Anda seperti yang telah dipaparkan diatas, yakni penggunaan KB darurat yang dilakukan setelah berhubungan. Jika pada siklus haid selanjutnya terjadi keterlambatan haid melebihi 10 hari, cobalah untuk melakukan test pack.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah gangguan yang kerap terjadi pada ibu hamil

Berikut Penyebab Tekanan Darah Rendah Selama Kehamilan

Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah kondisi normal pada 24 minggu pertama kehamilan dan tidak menyebabkan masalah. Namun, jika tekanan darah normal kurang dari 120/80 mmHg dapat menyebabkan pusing, mual, hingga pingsan.