Awal kehamilan, apa saja keluhan yang sering muncul?

M0 Info Penanya: M0
Apa yg dirasakan ketika awal kehamilan yg paling umum dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, M

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kehamilan merupakan kondisi yang kerap dinantikan oleh banyak pasangan suami istri, kendati demikian tidak sedikit pula beberapa pasangan suami istri yang berencana menunda kehamilan. Kehamilan dapat terjadi ketika adanya pembuahan yaitu bertemunya sel telur wanita dengan sel sperma pria. 

Siklus menstruasi yang terlambat kerap kali dikaitkan dengan adanya kehamilan, namun perlu diketahui bahwasanya tanda pasti dari adanya kehamilan adalah hasil pemeriksaan ultrasonografi (USG) kehamilan yang disertai dengan hasil pemeriksaan fisik yang dlakukan oleh dokter spesialis kandungan, dan juga hasil tes kehamilan (tes pack) yang bisa dilakukan secara mandiri atau ketika melakukan kunjungan ke dokter. Pada awal kehamilan, kerap kali muncul keluhan-keluhan yang dirasakan oleh calon ibu. 

Adapun beberapa keluhan yang sering muncul tersebut adalah:

  • Terlambatnya siklus menstruasi
  • Mual dan atau muntah di pagi hari yang kerap disebut dengan istilah morning sickness
  • Adanya bercak perdarahan (flek)
  • Adanya rasa tidak nyaman pada perut
  • Adanya perubahan pada bentuk payudara dan lain sebagainya

Keluhan-keluhan yang disebutkan diatas bukan merupakan tanda pasti namun hanya berupa keluhan yang kerap kali terjadi pada awal terjadinya kehamilan. Untuk dapat memastikannya, silakan lakukan tes kehamilan terlebih dahulu, atau dengan cara memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Usahakan untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian Anda agar tidak dehidrasi, beristirahat dengan cukup, hindari kopi / alkohol / minuman bersoda / merokok, lakukanlah olahraga ringan agar badan tetap sehat serta bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab kematian ibu melahirkan adalah pendarahan post partum

Waspadai Kematian Akibat Perdarahan Post Partum

Perdarahan postpartum dapat membahayakan wanita setelah persalinan, bahkan dapat menyebabkan syok yang berujung pada kematian. Pendarahan postpartum ini merupakan masalah yang serius dan salah satu penyebab kematian terbesar pada ibu melahirkan. Oleh karena itu, kenali risikonya, untuk melakukan pencegahan yang tepat.