Sudah terlambat haid apa bisa diartikan sedang hamil?

KM Info Penanya: KM
Nama sya karina. Umur 25 tahunDok sya mau bertanya apa kha klau sdh telat satu bulan udh positif atau belum
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KM,

Haid yang terlambat seringkali diartikan sebagai suatu kehamilan, namun pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Memang benar suatu kehamilan pasti mengalami terlambat haid, namun bukan berarti kalau terlambat haid pasti sedang hamil.

Penyebab tidak haid selain kehamilan:

  • PCOS (Polycystic Ovary Syndrome). Akan muncul keluhan siklus haid tidak lancar, berat badan bertambah, tubuh lebih berambut karena hormon androgen berlebihan.
  • Faktor stres. Tanpa disadari adanya stres atau kecemasan akan suatu hal akan mempengaruhi keseimbangan hormon dan metabolisme tubuh, termasuk mengganggu siklus haid.
  • Kelelahan.
  • Berat badan berlebih.
  • Sedang menjalani diet ketat sehingga tubuh kekurangan nutrisi.

Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan tes pack. Lakukan tes pack setelah 7-10 hari setelah terlambat haid dan gunakan urin pagi yang pertama keluar setelah bangun tidur. Pemeriksaan yang terlalu cepat hasilnya kurang akurat dan kadang malah membingungkan bila hasilnya menunjukkan 2 garis samar.

Bila tes pack hasilnya negatif maka jalankan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, makan sayur dan buah, minum air putih yang banyak, dan jangan stres. Sedangkan bila hasilnya positif maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk USG sehingga bisa dipastikan kondisi janinnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Antenatal care atau pemeriksaan ANC adalah rangkaian program pelayanan kesehatan untuk ibu hamil

Antenatal Care, Pemeriksaan ANC Penting Bagi Ibu Hamil dan Janin

Antenatal care atau pemeriksaan ANC adalah rangkaian program pelayanan kesehatan untuk ibu hamil. Di Indonesia, rumus antenatal care disebut “10 T” dan telah dirilis sejak tahun 2009. Sama seperti manfaat USG, rangkaian pemeriksaan ANC ini penting untuk memastikan ibu hamil dan janin berkembang sesuai usia kehamilannya.