Kenapa hasil tes pack bisa berubah?

DS Info Penanya: DS, Pria, 32 Tahun
Saya haid pertama tgl 13 juni ada flek coklat kdg hitam, pink, sedikit sekali dr tgl 25 sd saat ini flek coklat saya tespect tgl 29 positif tp samar kemudian saya tespeçt tgl 31 hasilnya negatif apakah saya hamil mohon dokter jawabannya trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DS,

Kapan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) Anda? Bila HPHT Anda tanggal 13 Juni, maka bila Anda memiliki siklus 30 hari, maka seharusnya akan kembali haid di tanggal 13 Juli. Bila Anda mengalami muncul bercak-bercak darah pada tanggal 25 Juli dan tes pack hasilnya positif samar namun pada akhirnya negatif, maka kemungkinan bercak tersebut adalah darah haid, cuma memang tidak lancar dan siklusnya mundur.

Setiap wanita pasti pernah mengalami terlambat haid dan bukan berarti pasti sedang hamil. Terlambat haid juga bisa disebabkan oleh faktor stres, kurang makan, tidur tidak teratur, atau jarang berolahraga, dll.

Perihal kenapa hasil tes pack bisa berubah hasilnya maka bisa saja terjadi kesalahan pembacaan saat tes pack yang pertama. Bila pembacaan tes pack dilakukan terlalu lama setelah strip dicelupkan ke urin, maka urin yang menguap bisa menimbulkan garis namun lebih tipis warnanya (samar), dan Anda mengartikannya sebagai 2 garis. Yang dikatakan positif adalah bila 2 garis warnanya sama.

Lakukan pola hidup sehat dengan banyak makan sayur dan buah, rutin olahraga, serta sebisa mungkin kurangi hal-hal yang dapat menyebabkan stres, agar keseimbangan hormon-hormon di dalam tubuh terjaga dengan baik. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda tidak yakin dengan hasil tes packnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi pada vagina menjadi salah satu penyebab bayi lahir dalam kondisi prematur

Inilah Penyebab Kelahiran Bayi Prematur yang Mungkin Tidak Anda Sadari!

Bayi prematur yang lahir sebelum minggu ke-23 kehamilan, biasanya tidak dapat bertahan hidup. Sementara itu, bayi prematur yang lahir setelah minggu ke-28 kehamilan memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi.