Apa saja tanda-tanda kehamilan?

MA Info Penanya: MA, Wanita, 19 Tahun
saya haid terakhir tgl 17, lalu saya berhubungan tgl 24 . dan sekarang tiba tiba keluar flek warna coklat ... apa sudah bisa saya test pack dok unttuk memastikan saya hamil atau tidak... karna saya merasa ada tanda2 kehamilan seperti mual dan capek dan punggung sakit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MA.

Kehamilan terjadi apabila ada pertemuan antara sel sperma pria dengan sel telur wanita. Pertemuan kedua sel tersebut akan mengalami perkembangan bertahap selama empat puluh minggu di dalam rahim sang ibu, sampai akhirnya siap dilahirkan ke dunia.

Tanda-Tanda Hamil

Saat seorang wanita hamil, hormon tubuhnya akan mengalami perubahan, sehingga menimbulkan beberapa tanda dan gejala yang dialami tubuh. Beberapa hal yang biasanya dialami oleh wanita hamil adalah:

  • Mual dan muntah, terutama pada pagi hari (morning sickness)
  • Nafsu makan meningkat atau menurun drastis
  • Lebih mudah kelelahan
  • Nyeri pada payudara atau bagian tubuh lainnya
  • Perut yang tampak membesar
  • Gairah seksual yang berubah
  • Emosi yang tidak stabil (mood swing)

Tetapi, tanda-tanda tersebut tidak dialami oleh semua wanita hamil. Ada yang mengalaminya, ada pula yang tidak. Hal yang pasti terjadi pada setiap wanita hamil adalah tidak menstruasi sampai pasca persalinan, serta tampak dua garis pada testpack. Selain itu, apabila dilakukan USG, maka akan tampak gambaran janin atau kantung kehamilan.

Oleh karena itu, tanda-tanda yang Anda alami belum tentu tanda kehamilan. Disarankan agar Anda melakukan testpack seminggu setelah terlambat haid untuk memastikan kehamilan. Apabila negatif, Anda dapat mengulanginya seminggu kemudian.

Apabila masih negatif, maka bisa saja ada penyebab lainnya, seperti kekurangan zat gizi tertentu, pre-menstrual syndrome (akan haid), maupun kelelahan fisik karena terlalu banyak aktivitas. Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk memastikan, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Preeklampsia adalah keracunan kehamilan

Preeklampsia adalah Komplikasi Serius yang Terjadi pada Kehamilan

Preeklampsia adalah keracunan kehamilan serius pada kehamilan. Risiko preeklampsia adalah berusia di atas 35 tahun, kehamilan pertama, dan gangguan ginjal.