Apakah hamil jika tespack samar dan ada gumpalan darah sedikit

EE Info Penanya: EE
Pagi dok, mau bertanya ? saya baru nikah 1 bulan,, telat haid 8 hari coba tespek hasilnya garis dua tapi samar, selang 2 hari mau coba tespek lagi tapi keluar darah seperti haid tapi ada darah gumpalan sedikit dok,, tapi Sampai sekarang masih keluar darah seperti darah haid agak keram pereut bagian bawah jugaMohon dijawab dok?Terimakasih,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam EE,

Tanda kehamilan yang bisa muncul diawal trimester pertama diantaranya bisa ada terlambat haid, mual dan muntah di pagi hari, terasa mudah lelah, keluar flek perdarahan sebagai tanda sel telur yang menempel di dinding rahim, rasa tidak nyaman pada payudara, mengalami keputihan, merasakan perubahan mood yang mudah berubah dan juga tanda lainnya.

Untuk mengetahui hamil tidak, yang paling mudah dan dilakukan sendiri adalah menggunakan testpack. Tes kehamilan dengan testpack sendiri adalah dengan mendeteksi adanya peningkatan hormon hCG. Apabila testpack mengeluarkan hasil samar, bisa disebabkan oleh hormon yang masih terdeteksi sedikit atapun bisa karena alat yang menguap. 

Jadi apabila mengalami hasil testpack samar bisa kembali diulang dalam 2 minggu. Jika kembali samar maka perlu dipastikan dengan pemeriksaan USG untuk memastikan apakah hamil atau tidaknya.

Jika timbul tanda bahaya seperti:

  • Nyeri perut hebat
  • Nyeri punggung
  • Kram berlebih di perut bawah
  • Keluar perdarahan berlebih

Maka perlu segera diperiksakan pada fasilitas kesehatan agar dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat sesuai kondisinya. Untuk sementara bisa batasi aktivitas fisik, lebih banyak istirahat, dan bisa konsumsi vitamin seperti asam folat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.