Apakah haid setelah 2 minggu melakukan hubungan bisa terjadi kehamilan?

JJ Info Penanya: JJ, Pria, 22 Tahun
DokSaya mau nanya saya berhubungan intim sama istri saya, trus 2 minggu kemudian istri datang bulan/haid apakah bisa terjadi hamil? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, J

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Banyak sekali pasangan suami istri yang menantikan hadirnya keturunan, untuk itu tidak sedikit pula pasangan suami istri melakukan program hamil. Agar terjadinya kehamilan perlu dilakukan hubungan seksual ketika wanita dalam masa subur. Masa subur pada wanita ini bisa diketahui dengan cara menghitung dan mengetahui siklus haidnya terlebih dahulu. Apabila siklus haid wanita 28 hari, maka masa suburnya terletak sekitar 2 minggu sebelum wanita tersebut haid kembali.

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, perlu diketahui terlebih dahulu apakah perdarahan yang mucul pada istri Anda adalah perdahan haid, ataukah perdarahan implantasi, ataukah adanya perdarahan lain terkait dengan adanya masalah pada organ reproduksi wanita. Perdarahan implantasi merupakan suatu perdarahan yang terjadi ketika adanya calon janin (embrio) menempel pada dinding rahim. Untuk dapat memastikannya, perlu dilakukan tes kehamilan terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan, untuk dapat mendeteksi kehamilan bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti tes kehamilan yang bisa dilakukan secara mandiri, pemeriksaan USG kehamilan, serta pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter. Oleh sebab itu, sebaiknya segeralah lakukan tes kehamilan dan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat. Tidak lupa untuk selalu konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, perbanyak sayur dan buah, hindari merokok, dan lakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat memperburuk kram perut atau nyeri haid

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Agar kram perut atau nyeri haid tidak semakin parah, hindari makanan dan minuman yang mengandung garam, gula, kopi, alkohol, makanan pedas, dan daging merah. Jika keinginan untuk makanan makanan yang manis kerap muncul, Anda bisa menggantinya dengan yang sehat seperti mengonsumsi buah-buahan smoothies buah dicampur yogurt.