Testpack dua garis berjauhan, apa artinya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok .. saya mau tanya, saya belum telat haid . Jadwal haid saya sekitar seminggu lagi, saya mengalami nyeri payudara , keputihan dan bercak darah setelah HB , setelah tespack ada dua garis tp berjauhan , yg satu tepat di atas tulisan MAX, tepatnya pembatas di atas MAX di buka , seminggu lalu saya tespack garisnya tdk terlalu jelas dan sekarang sdh jelas .. apakah itu positif dok? Soalnya garis ada di atas MAX . Pembatas MAX saya buka sedikit soalnya ada garis merah tipis
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SU.

Testpack adalah salah satu metode yang digunakan untuk memastikan kehamilan. Cara kerja testpack adalah dengan mendeteksi hormon kehamilan hCG di dalam urine. Apabila hormon tersebut terdeteksi dalam jumlah yang cukup, maka akan timbul dua garis atau hasil positif.

Tanda-Tanda Hamil

Selain testpack yang positif, seorang wanita hamil juga dapat mengalami tanda-tanda lainnya, yaitu:

  • Terlambat menstruasi
  • Bercak implantasi
  • Perut dan payudara membesar
  • Mual dan muntah, terutama pada pagi hari
  • Ngidam atau menginginkan konsumsi makanan tertentu
  • Emosi yang tidak stabil
  • Gairah seksual yang berubah

Apabila Anda mengalami nyeri payudara dan keputihan, maka hal tersebut bisa pertanda kehamilan maupun pre-menstrual syndrome yang sama-sama disebabkan oleh perubahan hormon. Sedangkan bercak darah setelah hubungan badan bukan merupakan bercak tanda kehamilan, karena implantasi terjadi 6-12 hari setelah berhubungan intim.

Lalu, terkait testpack Anda dengan hasil dua garis berjauhan, perlu didefinisikan terlebih dahulu 'jauh' yang Anda maksud sejauh apa. Selain itu, tiap merek testpack memiliki letak garis yang berbeda-beda. Jadi, belum dapat dipastikan apakah Anda positif atau negatif hamil.

Oleh karena itu, akan jauh lebih jelas apabila Anda mengonsultasikan foto hasil testpack ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan saat sudah terlambat haid. Nantinya, akan dilakukan USG rahim juga di dokter, untuk konfirmasi kehamilan. 

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh NM
09 Sep 2020, 16:27
Pada hari pertama seharus nya saya haid pagi hari bangun tidur keluar darah cuma satu tetes aja. Besok nya saya testpack garis 2 tapi berjauhan..tepat dekat bacaan max.Setalah itu keluar darah sedikit sedikit sampe sudah 5 hari sampe hari ini dok. Apakah itu petanda hamil dok.tetapi gejalan nya hanya mual dan muntah 3 hari setelah itu hanya mual aja..payudara jg tidak ada nyeri dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
09 Sep 2020, 22:35
Selamat malam NM,
Yang perlu diperhatikan pada hasil tes pack adalah garisnya 1 atau 2 garis? bukanlah jauh dekatnya garis. Bila Anda mengalami perdarahan dan ada tanda-tanda hamil, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi Anda, terlebih bila Anda tidak paham cara membaca tes packnya ya.
Salam sehat,
dr. Vina
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tes NIPT dilakukan untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin

Tes NIPT Saat Hamil untuk Deteksi Kelainan Janin, Perlukah?

Tes NIPT (Non-invasive prenatal testing) adalah pemeriksaan untuk memeriksa kelainan kromosom tertentu pada janin. Tes ini bisa dilakukan di usia kehamilan 10 minggu.