Apakah ejakulasi di luar akan menyebabkan kehamilan?

SD Info Penanya: SD, Wanita, 19 Tahun
Dok saya mau bertanya jika saya melakukan seks tanpa kondom tetapi air maninya dikeluarkan diluar apakah bisa hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, SD.

 

Kehamilan merupakan proses alamiah yang dialami oleh setiap wanita yang reproduktif. Kehamilan akan terjadi apabila ada proses bertemunya sperma dengan sel telur, kemudian dilanjutkan dengan pembuahan dan menghasilkan bakal janin yang akan tertanam hingga proses kelahiran terjadi.

Terkait dengan pertanyaan yang Anda ajukan, pada prinsipnya kehamilan memang akan terjadi jika ada pertemuan sperma dan sel telur. Namun pada saat pasangan melakukan hubungan seksual penetrasi, penis akan mengeluarkan cairan praejakulasi sebelum ejakulasi terjadi. Cairan praejakulasi tersebut sudah mulai keluar disaat penis mengalami ereksi dan perlu diketahui juga bahwa cairan praejakulasi tersebut mengandung sperma walaupun dalam jumlah sedikit. Oleh karena itu kesimpulannya adalah kehamilan masih mungkin terjadi walaupun pasangan Anda melakukan ejakulasi di luar vagina. Apalagi jika Anda melakukan disaat masa subur kemungkinan terjadinya kehamilan akan lebih meningkat.

Jika terdapat keterlambatan haid sebaiknya konsultasikan kepada dokter kandungan terlebih dahulu dan jika ternyata Anda tidak hamil bisa saja terlambat haid Anda dipengaruhi oleh faktor lain seperti, hormon tidak stabil, stres, penyakit kandungan seperti kista, mioma, berat badan tidak ideal dan penyakit pada kelenjar tiroid.

Saran saya apabila Anda belum menginginkan terjadinya kehamilan sebaiknya Anda pilih metode kontrasepsi yang tepat untuk mencegah kehamilan. Namun jika Anda sudah ingin hamil Anda dapat melakukan hubungan seksual di saat masa subur.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Preeklampsia adalah keracunan kehamilan

Preeklampsia adalah Komplikasi Serius yang Terjadi pada Kehamilan

Preeklampsia adalah keracunan kehamilan serius pada kehamilan. Risiko preeklampsia adalah berusia di atas 35 tahun, kehamilan pertama, dan gangguan ginjal.