Apa sajakah yang termasuk tanda pasti dari kehamilan?

SU Info Penanya: SU
Saya berhubungan sex tgl 28 Juni tpi kami yakin klau hamil soalnya ada tanda2 orng hamil tapi tgl 8 Juli mens apakah itu bisa hamil apa tidak hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan merupakan keadaan yang dinantikan oleh hampir seluruh pasangan suami istri. Oleh karena itu, beberapa pasangan suami istri mengikuti program hamil khusus oleh dokter spesialis kandungan agar segera memmperoleh keturunan.

Sering kali, adanya keluhan mual, muntah, pusing, sensitif terhadap bau-bauan, mudah lelah, nyeri perut bawah, sering berkemih atau justru buang air kecil (BAK) tidak lancar, dan beberapa keluhan lain dikaitkan dengan tanda kehamilan. Namun, keluhan-keluhan tersebut bukanlah tanda pasti dari kehamilan.

Adapun beberapa tanda pasti dari kehamilan adalah sebagai berikut:

  • Hasil positif dari tes kehamilan (bisa dilakukan secara mandiri di rumah)
  • Hasil pemeriksaan fisik dan diagnostik yang dilakukan oleh dokter umum / dokter spesialis kandungan
  • Hasil pemeriksaan penunjang berupa USG kehamilan yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, untuk dapat memastikan adanya kehamilan atau tidak disarankan untuk melakukan tes kehamilan terlebih dahulu. Adanya perdarahan yang muncul (tanggal 8 Juli) bisa disebabkan oleh 2 hal, bisa karena perdarahan menstruasi, atau bisa juga dikarenakan oleh perdarahan implantasi (perdarahan awal kehamilan). Bilamana Anda ragu-ragu dengan hasil tes kehamilan yang Anda lakukan, silakan periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan USG kehamilan.

Usahakan Anda tetap menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang, hindarilah stres dan kelelahan, perbanyak sayur dan buah-buahan, cukupilah kebutuhan cairan harian Anda agar tidak dehirasi dan beristirahatlah dengan cukup.

Semoga bermanfaat.



Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat hamil muda, calon ibu harus benar-benar memperhatikan pola hidupnya

8 Tips Hamil Muda yang Wajib Diketahui Calon Ibu

Trimester pertama kehamilan seringkali membuat calon ibu was-was, oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon ibu. Dari mengatur jadwal konsultasi dengan bidan hingga pola makan yang sehat perlu diperhatikan oleh ibu yang sedang hamil muda.