Hasil testpack samar apa artinya?

AZ Info Penanya: AZ, Wanita
Bulan kemarin, ketika saya terlambat menstruasi hari ke 5 saya melakukan test pack dan hasilnya negatif lalu 3 hari kemudian saya menstruasi seperti biasa. 4 hari setelah darah habis, saya merasakan mual, pusing dan payudara sensitif hingga skrg,kemudian saya coba melakukan test pack lagi hari ini dan hasilnya dua garis tapi yang satu samar. Padahal terakhir saya melakukan hubungan seksual itu sebelum mens bulan kemarin. Saya jadi bingung dok, ini saya beneran hamil, atau bagaimana? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AZ,

Terimakasih atas pertantanyaan Anda di SehatQ.

Memang betul terlambat menstruasi bisa menjadi salah satu tanda kehamilan. Namun tidak pasti jika Anda terlambat menstruasi, Anda pasti hamil. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terlambat menstruasi  seperti gangguan hormonal, kelelahan atau banyak pikiran, stres, kelebihan atau kekurangan berat badan, penyakit mioma dan kista, dll. Jadi jika terlambat haid belum pasti hamil ya.

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, Anda sudah melakukan testpack dan mendapatkan hasil samar, ada beberapa kemungkinan jika testpack menunjukan hasil samar :

  • Kehamilan
    Testpack yang Anda lakukan terlalu dini, jadi kadar hcG yang dihasilkan masih rendah.
  • Tidak hamil
    Munculnya garis samar bisa dikarenakan Anda mencelupkan testpack terlalu lama atau alat yang digunakan sudah kedaluwarsa, sehingga di dapatkan hasil samar.
  • Keguguran
    Jika Anda mengalami keguguran kadar hcG juga masih bisa terdeteksi, karena masih ada sisa hormon hcG yang tertinggal dalam tubuh Anda.

Untuk memastikannya, sebaiknya ulang terlebih dahulu hasil testpacknya esok pagi dengan menggunakan urine di pagi hari dan baca petunjuk penggunaan testpack. Jika Anda masih mendapatkan hasil samar dan Anda khawatir, Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tes NIPT dilakukan untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin

Tes NIPT Saat Hamil untuk Deteksi Kelainan Janin, Perlukah?

Tes NIPT (Non-invasive prenatal testing) adalah pemeriksaan untuk memeriksa kelainan kromosom tertentu pada janin. Tes ini bisa dilakukan di usia kehamilan 10 minggu.