Apakah setelah berhubungan seksual lalu haid bisa hamil?

AW Info Penanya: AW
Saya ingin bertanya, jika seseorang melakukan hubungan seks, 1 minggu kemudian terjadi menstruasi apakah ada kemungkinan untuk terjadinya kehamilan???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AW.

 

Kehamilan merupakan proses berkembangnya janin di dalam rahim sampai terjadinya proses kelahiran. Proses tersebut didahului oleh pembuahan terlebih dahulu dimana sel telur bertemu dengan sperma dan sel telur dibuahi oleh sperma. Kemudian menghasilkan bakal janin dan tumbuh serta berkembang di rahim.

Menstruasi adalah proses meluruhnya dinding rahim ketika pembuahan tidak terjadi. Normalnya siklus menstruasi terjadi 21-35 hari dengan rata-rata wanita mengalami menstruasi 28 hari sekali. Periode menstruasi terjadi 3-7 hari.

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika sehabis berhubungan seksual lalu Anda mengalami menstruasi artinya pembuahan tidak terjadi sehingga dinding rahim meluruh dan keluar bersama darah haid. Namun jika ada keterlambatan haid setelah ini harap dikonsultasikan ke dokter kandungan secara langsung ya.

Jika Anda menginginkan kehamilan terjadi sebaiknya lakukanlah hubungan seksual bersama pasangan Anda disaat masa subur, namun jika Anda dan pasangan belum menginginkan terjadinya kehamilan sebaiknya pilihlah metode kontrasepsi yang tepat ya.

Untuk menjaga kesehatan organ kandungan Anda sebaiknya lakukanlah hal berikut ini:

  1. Olahraga rutin setiap hari minimal 30 menit.
  2. Makan yang bergizi memperbanyak protein, buah dan sayur.
  3. Kelola stres dengan baik.
  4. Minum air putih minmal 2 liter perhari.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.