Apakah bisa hamil jika berhubungan sex pertama kali?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Dok kalau hubungan sex pertama kali dan tidak memakai pengaman tapi spermanya dikeluarkan diluar vagina tidak mengenaibibir vagina apa bisa hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam S

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Melakukan hubungan seksual pertamakali dapat menyebabkan kehamilan karena, cukup dengan satu sel sperma yang baik dan sehat saja bisa menyebabkan kehamilan bila berhasil bertemu dengan sel telur wanita.

Agar memudahkan kedua sel tersebut bertemu, perlu dilakukan hubungan seksual saat wanita sedang dalam masa subur, dan pria perlu melakukan ejakulasi di dalam vagina. Untuk mengetahui masa subur serang wanita, perlu diketahui terlebih dahulu siklus menstruasi dari wanita tersebut.

Bila pria tidak melakukan proses ejakulasi (keluarnya sperma dari organ reproduksi pria) di dalam vagina, maka tidak ada sel sperma yang bertemu dengan sel telur wanita. Sehingga, kemungkinan terjadinya kehamilan sangatlah kecil. Namun, bila Anda ragu-ragu dan siklus menstruasi mengalami keterlambatan, sebaiknya lakukan tes kehamilan untuk memastikannya. Gunakan alat kontrasepsi yang dapat mencegah terjadinya kehamilan seperti kondom, agar juga dapat mencegah tertular penyakit menular seksual. 

Pastikan Anda tidak bergonta-ganti pasangan seksual, konsumsi makanan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, jaga kebersihan area kemaluan, dan lakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat dan bugar. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
04 Jul 2020, 12:27
Kalau takut hamil ya pakai pengaman lah, kecuali kalau berzina ya takut hamil kasihani masa depan anak karena ketidaksiapan orangtua atau dari hasil pasangan berzina
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
06 Jul 2020, 17:25
Selamat sore, SU.
Ada baiknya menghindari tindakan yang mengarah jika tidak siap menghadapi kehamilan dan dampak bagi kesehatan dan sosialnya, terlebih jika dilakukan diluar hubungan pernikahan. Terimakasih atas saran dan masukan yang telah Anda berikan :)
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cari tahu alasan yang tepat sebelum memutuskan balikan sama mantan

Balikan Sama Mantan Boleh Atau Tidak? Pertimbangkan 6 Hal Ini Dulu

Balikan sama mantan sah-sah saja bila Anda dan dirinya masih saling cinta dan ingin membuka lembaran baru menuju hubungan lebih baik. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan kembali merajut kasih dengan mantan kekasih. Apa sajakah itu?