Apakah janin saya tidak dapat dipertahankan?

YP Info Penanya: YP, Wanita, 24 Tahun
Selamat malam dokSaya mau tanyaBarusan saya periksa ke dokter soalnya saya mengalami flek sejak minggu sampai hari rabuTapi selasa malam kmren perut rasanya nyeri dan keluar gumpalan darahWaktu di usg kantung kehamilan saya posisinya di bawah dekat dengan jalan lahirSaran dokter di suruh gugurinApa ndak bisa dipertahankan dok klu posiai kantong kehamilan dibawah dekat jalan lahir?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YP.

Kehamilan adalah kondisi yang terjadi ketika ada pembuahan sel telur wanita oleh sel sperma pria. Pembuahan tersebut menghasilkan zigot, yang mengalami perkembangan selama 40 minggu sampai akhirnya siap dilahirkan.

Pada pasangan yang sangat mengharapkan momongan, kehamilan adalah kondisi yang sangat membahagiakan. Oleh karena itu, pasangan pastilah menjaga kehamilan dengan baik agar perkembangannya senantiasa optimal. Sayangnya, ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi kehamilan terancam, sehingga tidak dapat dipertahankan dan disarankan untuk digugurkan.

Pengguguran atas indikasi medis disebut sebagai abortus provocatus medicinalis. Pengguguran ini bukan dilakukan karena seseorang tidak menginginkan janin atau hamil di luar nikah, tetapi memang ada hal-hal yang mengakibatkan kehamilan tidak dapat dilanjutkan.

Salah satu indikasi dimana diizinkan melakukan tindakan tersebut adalah kondisi kelainan pada janin, yang walaupun dilahirkan harapan hidupnya akan tipis. Misalnya, ectopia cordis (jantung berada di luar dinding dada). Atau, kondisi ibu yang menderita penyakit berat, sehingga dapat membahayakan nyawa jika menjalani proses persalinan.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, untuk menentukan apakah janin dapat dipertahankan atau perlu digugurkan, harus melalui pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda dapat mencari pendapat dari dokter kandungan berbeda terlebih dahulu, kemudian membuat keputusan yang terbaik.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lebih sering buang air besar jelang melahirkan merupakan tanda-tanda akan melahirkan.

Siapkan Diri Anda Bila Alami Tanda-tanda Akan Melahirkan Ini

Sering buang air besar menjelang melahirkan merupakan salah satu tanda-tanda akan melahirkan. Selain itu, tanda-tanda lainnya berupa sakit punggung, pecah ketuban, dsb.