Telat mens apakah karena hamil?

SU Info Penanya: SU
Tanggal 19 mei mens terakhir sampai tanggal sekarang belum mens lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, T. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari vagina yang dialami oleh setiap wanita. Normalnya, siklus menstruasi wanita setiap 28 hari atau 21-35 hari. Jika lebih dari 35 hari, maka dapat dikatakan sebagai kondisi telat haid. 

Penyebab telat haid

Beberapa kondisi penyebab telat haid, yaitu:

  • Faktor stres.
  • Pola makan yang tidak sehat.
  • Berat badan yang tidak ideal.
  • Aktivitas fisik yang berat. 
  • Kehamilan.
  • Penggunaan KB.
  • Kondisi medis tertentu. 

Terkait kondisi yang Anda alami ini, kemungkinan Anda mengalami keterlambatan haid karena salah satu kondisi diatas. Untuk memastikan apakah Anda telat haid karena hamil atau tidak, Anda dapat melakukan testpack saat ini. Jika hasilnya positif dan muncul tanda-tanda kehamilan seperti mual, muntah, kram perut, keluar flek darah, dll, maka kemungkinan besar Anda hamil dan segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan USG. Jika hasilnya negatif, maka Anda tidak perlu khawatir karena telat haid wajar terjadi asalkan tidak lebih dari 90 hari. 

Walaupun begitu, Anda tetap harus melakukan pola hidup sehat agar menstruasi Anda berjalan dengan lancar setiap bulannya. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perut gatal saat hamil sebaiknya jangan digaruk

Penyebab Perut Gatal Saat Hamil dan Cara Mudah Mengatasinya

Perut gatal saat hamil merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami oleh ibu. Selain pergi ke dokter, ada sejumlah cara mudah yang dapat diterapkan di rumah untuk mengatasi rasa gatal di perut.