Cairan pre ejakulasi dan selaput dara

J Info Penanya: J
Apakah bisa hamil cairan pra ejakulasi menyentu vagina pasangan tetapi selaput darah ny belum robek.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, J.

Cairan pre-ejakulasi sering disebut juga sebagai cairan semen. Cairan ini keluar dari penis sebelum proses ejakulasi, dan mengandung sperma dalam jumlah yang lebih sedikit. Karena itu, cairan pre-ejakulasi juga bisa menyebabkan kehamilan, walaupun kemungkinannya lebih kecil.

Sedangkan selaput dara adalah sebuah selaput tipis yang berada di dalam vagina. Sejak lahir, selaput dara yang normal sudah memiliki lubang, dimana darah menstruasi akan keluar melalui lubang tersebut. Ketika berhubungan seksual pertama kali, selaput dara akan mengalami robekan yang lebih besar. Selain itu, terbentur benda besar juga dapat menyebabkan robekan tersebut.

Nah, menjawab pertanyaan Anda, walaupun selaput dara belum robek, cairan pre-ejakulasi tetap bisa masuk ke dalam liang vagina dan berenang sampai rahim. Jika wanita tersebut dalam masa subur, maka sperma akan membuahi sel telur dan akan terjadi kehamilan.

Oleh karena itu, Anda dapat memberitahukan kepada pasangan Anda untuk melakukan testpack apabila ada keterlambatan haid. Atau, Anda dapat membawa pasangan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, untuk dilakukan USG rahim. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas adalah keputihan yang tipis dan berbau tidak sedap

Mengenal Peradangan Vagina akibat Vaginosis Bakteri

Vaginosis bakteri adalah sebutan lain dari infeksi vagina. Vaginosis bakteri dapat meningkatkan risiko infeksi kelamin wanita, khususnya penyakit menular seksual (PMS).